Labuan Bajo NTT – Surga Nyata Keindahan Indonesia Yang Dikagumi Dunia

Bagi Indonesia, Kepulauan Nusa Tenggara laksana permata yang tiada henti memancing decak kagum wisatawan dunia. Bali tetap menjadi daya tarik utama, Lombok di Nusa Tenggara Barat pun menyusulnya. Sementara itu selain Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur juga menawarkan elok alam Labuan Bajo.

Bersama TN. Komodo, desa Labuan Bajo merupakan destinasi populer Indonesia. Tujuan favorit, baik bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Tentu, Anda juga wajib mendatanginya. Rencanakanlah wisata ke sana dan sepenuhnya nikmati keindahan alam yang tersaji.

Secara administratif, desa ini menempati kawasan yang sama dengan Komodo National Park yakni di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika ada rencana mengunjunginya, tuntaskan membaca artikel ini untuk memperkaya informasi, termasuk daya tarik dan perkiraan biaya wisata.

Labuan Bajo Pulau Komodo
credit: flickr/mattharvey1, CC BY-ND 2.0

Daya Tarik Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo sebelumnya termasuk salah satu dari 19 desa dan kelurahan dalam kecamatan Komodo. Selain sebagai kelurahan, desa ini juga merupakan ibukota bagi kecamatan Komodo. Salah satunya, karena potensi wisata, kelurahan ini pun berkembang menjadi kota yang mencakup 15 desa dan kelurahan.

Dalam sejarah, sehubungan dengan namanya, daerah ini dulunya merupakan tempat berlabuh (labuhan) orang-orang Bajo atau Bajau. Dengan berbagai potensi wisata, baik yang menawarkan panorama alam maupun keindahan bawah laut, Labuhan Bajo pun berkembang menjadi salah satu tujuan wisata favorit Indonesia.

Jajaran Pantai dan Pulau Menawan

Labuan Bajo menawarkan jajaran pantai molek sebagai batas darat dan lautnya. Pantai Pede, Pantai Gorontalo, dan Pantai Wae Cicu masing-masing indah, terlebih ketika sunset tiba. Ada juga Goa Batu Cermin yang eksotis serta Puncak Waringin yang sejauh ini menjadi spot terbaik menikmati keindahan dari ketinggian.

Selanjutnya, perairan sekitarnya dipercantik dengan gugusan pulau menawan, termasuk juga pulau-pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Padar merupakan tujuan favorit dengan pemandangan ikonik yang sangat menakjubkan. Lokasi paling ideal bagi kebanyakan wisatawan untuk menikmati indahnya sunrise.

Pulau lain, tentunya mencakup Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang merupakan habitat hewan Komodo. Jika mengunjungi Pulau Komodo, jangan lupa mampir ke Pantai Merah atau Pantai Pink yang tidak kalah indahnya dari Pantai Pink Lombok. Intinya, island hopping adalah aktivitas wajib karena masih banyak pulau lainnya.

Surga Bawah Laut Nan Menakjubkan

Surga bawah laut juga merupakan daya tarik utama dari kawasan wisata Labuan Bajo NTT. Snorkeling dan diving adalah kegiatan wajib. Banyak spot penyelaman yang masing-masing menawarkan komposisi keindahan bawah laut tersendiri. Taka Makassar salah satunya dengan koral menawan mengelilingi pulau pasirnya.

Spot lain adalah Batu Samsia. Spot ini menawarkan eksotika dunia laut yang khas. Tempat wisatawan berinteraksi dengan kura-kura. Ada juga Batu Bolong Reef, Crystal Rock, dan yang paling terkenal adalah Manta Point, spot yang mengajak Anda berinteraksi dengan ikan pari terbesar, seperti di Kelingking Beach Bali.

Aktivitas Liburan Yang Penuh Kesan

Tidak hanya pesona keindahan bahari, liburan ke Labuan Bajo juga memungkinkan wisatawan meresapi kearifan budaya masyarakat setempat. Dengan sedikit perjuangan, Anda bisa mencapai Wae Rebo, kampung tradisional atas awan dengan tujuh rumah adat nan unik berbentuk kerucut pada ketinggian 1200 mdpl.

Jika durasi wisata berlebih, Anda juga bisa melebar ke Liang Bua yang menawarkan nuansa purba. Ini adalah sebuah goa purba yang eksotik tempat pertama kali ditemukan manusia hobbit NTT. Atau, menjelajahlah hingga ke Desa Cangar dan takjublah pada kearifan lokal yang telah mencipta sawah jaring laba-laba.

Keindahan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur
credit: unsplash/@williamkusno

Perkiraan Biaya ke Labuan Bajo

Biaya wisata ke Labuan Bajo bergantung bagaimana cara Anda berwisata. Ingin liburan mewah atau liburan murah ala backpacker. Salah satu ide bagus untuk memangkas anggaran adalah bermalam di kapal selama 4 hari 3 malam. Biayanya sekitar 1,6 juta termasuk kamar, makan dan keliling pulau-pulau wisata.

Apabila ingin memanfaatkan travel agent, paket wisata dalam bentuk open trip biayanya mulai dari 2,5 juta untuk 3 hari 2 malam. Selebihnya, berikut ini adalah perkiraan biaya wisata yang mencakup beberapa keperluan, seperti transport, sewa kapal dan penginapan. Tidak selalu akurat, terlebih ketika high season.

KeteranganHarga
AkomodasiIDR 150K – 4 JT/mlm
Sewa MotorIDR 50K/hr
Sewa MobilIDR 500K/6 jam
KonsumsiIDR 15K – 150K
Kapal BemoIDR 2 JT/8 org
Kapal YachtIDR 20 – 30 JT/hr
Kapal PesiarUSD 20K/14 org, mlm
Wisata ke Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur
credit: unsplash/@pretentiousmaru

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Meskipun sebagai kota kecil, Labuan Bajo banyak memiliki fungsi strategis. Dalam menunjang sektor pariwisata, berbagai fasilitas telah tersedia dengan sangat lengkap. Untuk transportasi, selain Dermaga Ferry dan Pelabuhan PELNI, kota ini juga memiliki bandar udara internasional, yakni Bandar Udara Komodo.

Berbagai tempat makan atau restoran bisa Anda temukan dengan mudah. Demikian pula dengan akomodasi yang juga sangat beragam, mulai dari yang murah hingga hotel resor bintang 5 yang mewah. Jika menghendaki hotel dengan sistem online booking, Anda bisa melihat daftar rekomendasinya melalui tombol berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *