• sumber : ksmtour.com

Wisata Mentawai – Wisata Bahari, Surga Para Peselancar Dunia

Durasi baca : 5 menit

Wisata Mentawai. Sudah menjadi rahasia umum, alam sangatlah mampu memberikan peremajaan pikiran melalui keindahan yang ditawarkan. Itulah mengapa wisata alam selalu menjadi yang terdepan digandrungi semua orang. Dalam hal ini Indonesia adalah surganya, sementara Kepulauan Mentawai menjadi salah satu bagian yang paling menonjolkan wisata baharinya. Jadi, sebuah pilihan bijak jika menetapkan kepulauan di Sumatera Barat ini sebagai destinasi wisata Anda.

Setidaknya ada 4 pulau berpenghuni di Mentawai yang dipastikan siap memanjakan liburan setiap orang, Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Selatan, dan Pulau Pagai Utara. Seperti halnya wisata di Pulau Nias, wisata Mentawai lebih dikenal melalui ombak lautnya yang besar dan bagus untuk berselancar. Bahkan, ombak di pantai Mentawai termasuk dari salah satu yang terbaik di dunia. Oleh karena itu, Mentawai selalu menjadi destinasi utama peselancar dunia di Sumatera Barat.

Liburan ke Bumi Sikerei (Mentawai) akan menjadi liburan yang menyenangkan, terutama bagi penggemar wisata bahari dan selancar. Meskipun dikatakan ombak pantai Mentawai selalu besar sepanjang tahun, waktu ideal adalah datang di pertengahan tahun. Disamping itu, meski terkenal melalui pantai-pantai yang menjadi destinasi surfer dunia, wisata Pulau Mentawai juga termasuk objek wisata alam lainnya serta tidak terkecuali keunikan suku asli yang mendominasi kepulauan ini, Suku Mentawai.

Rekomendasi Wisata Mentawai, Sumatera Barat

1. Wisata di Pulau Siberut

Sebagai pulau terbesar di Kepulauan Mentawai, wisata di Pulau Siberut akan menjamu setiap traveler dengan paket wisata yang lengkap. Wisata budaya sangat dimungkinkan di pulau ini, berkunjung dan tinggal di desa adat Suku Mentawai yang eksotik. Melihat dan meresapi kehidupan mereka, mulai dari cara mengolah sagu, mencari ikan, hingga menikmati tarian mereka yang sakral.

Bagi wisatawan yang suka pantai dan selancar, bisa datang ke pantai di Pulau NyangNyang yang terkenal sebagai destinasi selancar terbaik, atau bisa juga ke pantai Pulau Koroniki yang unik dengan tebing-tebing terjalnya. Pulau Siberut juga memungkinkan pengunjung untuk bersafari hutan di Taman Nasional Siberut. Mencoba untuk berpetualang hutan agar lebih dekat dengan kehidupan liar yang endemik. Selain itu, disini juga ada beberapa air terjun yang sarat dengan nuansa hijau nan sejuk menenangkan.

2. Wisata di Pulau Sipora

Wisata Pulau Mentawai tentu tidak akan mengabaikan wilayah ibukotanya di Pulau Sipora, yakni Kota Tuapejat. Sejak di dermaga, setiap pelancong akan disajikan pemandangan alam nan menawan di sekitarnya. Pantai tetap menonjol di Kepulauan Mentawai, hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari dermaga, wisatawan bisa menemukan Pantai Jati yang bersih dan indah luar dalam. Selain keindahan bawah laut, pantai ini juga menawarkan sunset yang menakjubkan.

Pantai selanjutnya adalah Pantai Mapadeggat yang mewakili surga selancar Mentawai di Pulau Sipora. Dalam hal ini, Pantai Mapadeggat terkenal dengan ombak Telescope-nya. Wisata bahari lainnya adalah Pulau Umit Siteu yang unik dengan hutan mangrove yang tumbuh berkelompok seperti pulau-pulau kecil. Air laut pulau ini cenderung tenang dan sangat jernih bak kristal. Di Pulau Sipora juga ada air terjun bernama Pujujurug. Selebihnya, jangan lupa mengabadikan diri di Taman Patung Sikerei sebagai bukti Anda pernah kesini.

3. Wisata di Pulau Pagai

Bergantung pada durasi wisata, wisatawan bisa memilih berkunjung ke Pulau Pagai selatan atau utara, atau juga bisa mengunjungi keduanya. Jika di Pagai Utara, cobalah memulai dari Pantai Silabu, salah satu pantai selancar unggulan di Mentawai. Bisa juga ke Pulau Pittoijat dan Teluk Sibigeu di seberang Pantai Silabu yang pasti ombaknya juga sangat digandrungi peselancar mancanegara. Tidak jauh dari Pittoijat, temukanlah Dusun Sabbiret untuk mendapatkan beragam souvenir khas Mentawai.

Melebar dan menyeberang ke Pulau Siruso juga merupakan ide yang bagus. Pantainya sangat menawan melalui komposisi hamparan pasir putih dengan air laut biru muda yang jernih. Sebelum pergi ke Pantai dan Goa Pamintaijat di Pagai Selatan, cobalah lebih dekat dengan Pulau Bakkat Menuang yang cantik dengan kehijauannya. Tahukah Anda? Pulau Pagai dulunya satu, ada legenda tentang rajawali yang mengawali terbaginya pulau ini. Datanglah dan ketahuilah sejarahnya.

4. Wisata di Pulau Karamajat

Surfing atau selancar adalah aktivitas paling utama dalam wisata Mentawai, adapun Pulau Karamajat disebut-sebut sebagai lokasi terbaik untuk melakukannya. Pulau yang terkenal sebagai resor dan kawasan wisata ini berada di selatan Pulau Siberut dan bisa dicapai dengan mudah. Disini, ada sekitar 13 tempat berselancar yang direkomendasikan, baik untuk pemula maupun profesional.

Sebagai kawasan wisata unggulan, Pulau Karamajat sangat ideal untuk beragam aktivitas. Selain pengunjung disibukkan dengan aneka wisata bahari, tidak jarang penduduk setempat juga mempersembahkan ritual dan tari tradisional mereka, Tarian Sikerei yang sarat dengan nuansa magis. Selebihnya, Pulau Karamajat juga sebagai tempat ideal untuk berbulan madu bagi pasangan wisatawan.

6. Wisata di Pulau Awera

Wisata Mentawai jangan lupakan untuk sejenak atau berlama-lama di Pulau Awera. Lokasinya berada di timur tidak jauh dengan pantai Mentawai yang terlanjur populer, Pantai NyangNyang. Sebuah pemandangan laut menakjubkan akan menyambut kedatangan Anda. Itu adalah kesan pertamanya saja, selebihnya masuklah ke dalam jernih air lautnya dan temukan kerajaan bawah laut yang menawan.

Snorkeling atau diving itu terserah Anda, hanya saja harap dipersiapkan segala yang dibutuhkan, pasalnya tidak banyak fasilitas yang tersedia. Aktvitas lain, bisa merenang, bermain di pasirnya yang putih, atau setidaknya bertahan hingga datang kemolekan matahari terbenam. Selanjutnya, cobalah bermalam, menyantap hidangan lezat di resor atau penginapan yang tersedia.

Tentu, Wisata Pulau Mentawai tidaklah berhenti pada apa yang telah disebutkan diatas. Banyak sekali objek wisata di Kepulauan Mentawai, terutama pantai yang sebagian besar sangat memanjakan para peselancar. Setidaknya, melalui daftar yang disebutkan, Anda memiliki gambaran tentang tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi

Daftar Wisata Mentawai, Sumatera Barat

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *