• sumber : 22motomoto.com

Omah Kayu, Kota Batu – Cara Baru Nikmati Moleknya Kota Wisata Batu

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Omah Kayu Paralayang, Batu. Sebagai daerah yang dikelilingi oleh banyak pegunungan, Kota Batu memiliki potensi besar dalam hal pariwisata. Keindahan alamnya, kini berpadu dengan beragam objek wisata yang jumlahnya terus bertambah.

Wisata Paralayang Batu adalah salah satu yang populer dan terus berkembang. Saat ini, di beberapa bagiannya telah muncul objek wisata pendukung yang secara terpisah turut “nge-hit” namanya. Satu diantaranya adalah Omah Kayu.

Wisata Omah Kayu di Batu merupakan sebuah penginapan berupa rumah pohon di Gunung Banyak. Oleh karena letaknya berada di ketinggian 1.340 mdpl, Omah Kayu Batu menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan Kota Wisata Batu.

Menariknya, tidak hanya sebagai penginapan di Batu Malang, Wisata Omah Kayu juga kaya akan spot menarik. Lokasinya yang berada diketinggian, tata letak diantara pepohonan hingga bangunan rumah pohonnya benar-benar mewakili tagline-nya “Not Just Tree House”.

Aktivitas di Wisata Omah Kayu Batu

Sebagai tempat peristirahatan, tentu saja rumah kayu Batu ini fungsi utamanya adalah untuk disewa bagi mereka yang ingin bermalam dengan suasana berbeda. Meskipun begitu, banyak hal menarik yang ditawarkan sehingga beragam aktivitas pun dapat dilakukan.

Banyak spot menarik yang memungkinkan traveller betah didalamnya, termasuk menelusuri jalan yang tentu saja unik. Menuruni bukit curam dengan sepanjang mata memandang hanyalah keindahan. Tidak ada yang menghalangi kecuali jajaran pohon pinus yang menambah keasrian dan kesejukan.

Bagi pengunjung yang tidak berencana menginap, kunjungan dibatasi hingga jam 5 sore. Apabila menginap, bisa memuaskan diri selama waktu menginap. Di tempat ini pemandangan Kota Batu siang hari memang indah, namun menjadi lebih menawan ketika malam beranjak datang. Jadi, tidak rugi jika Anda menginap ditempat ini.

Bagi non-tamu, Omah Kayu Batu cukup bisa memanjakan dengan banyaknya spot untuk berswafoto. Spot unggulan berada di 6 kabin utama. Meski umumnya pintu kabin terkunci (kecuali ada yang sewa), pengunjung bisa bersantai di balkon kabin, berfoto atau sekedar menikmati indahnya pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Untuk diketahui, karena biasanya pengunjung Omah Kayu sangat banyak, ada sistem antri untuk menggunakannya. Daya tampungnya pun dibatasi 3-6 orang. Sistem antri ini diberlakukan untuk meminimalkan kelebihan kapasitas, terutama di papan teras rumah kayu. Umumnya, pengunjung non-tamu tidak diizinkan naik ke teras salah satu rumah kayu yang telah disewa oleh tamu.

Ada beberapa kabin lain yang juga menjadi spot menarik untuk mengabadikan keberadaan, seperti rumah berbentuk segitiga dan omah kayu berukuran paling besar dengan desain yang artistik. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan aneka macam spot Hammock. Namun untuk menikmatinya akan ada tarif lain sebesar Rp. 10.000.

Sebagai bagian dari Wisata Paralayang, selain di Omah Kayu Batu, pengunjung juga bisa melebarkan aktivitas ke Paralayang atau ke Taman Langit yang juga menjadi bagian dari Wisata Paralayang di Gunung Banyak ini. Dengan daya tarik yang menonjolkan latar belakang keindahan Kota Batu, ke tiga tempat wisata ini lebih didominasi oleh wahana untuk swafoto atau selfie.

Fasilitas di Wisata Omah Kayu Batu

Wisata omah pohon ini menawarkan 6 unit bangunan rumah pohon utama yang bisa disewa. Bangunan tersebut berada diatas pohon pinus yang kuat. Desain rumah sangat unik dengan bahan kayu berkualitas baik, seperti kasuarina, eukaliptus dan pinus, sementara atapnya menggunakan sejenis ijuk.

Rumah pohon berdimensi 3x2x2m sehingga sangat nyaman ditinggali 2-3 orang. Meski udara malam sangat dingin, bangunan rumah kayu sangatlah rapat sehingga meminimalisir angin yang masuk. Interiornya dilengkapi 1 unit tempat tidur beserta perlengkapannya. Ada juga kamar mandi 2 unit berada diluar yang menyediakan air hangat.

Untuk fasilitas lainnya bisa ditemukan disekitaran wisata Paralayang seperti lahan parkir yang luas, mushola, warung-warung penjual makanan dan oleh-oleh, serta kamar mandi umum yang bersih. Disamping itu, obyek wisata Omah Kayu ini terletak cukup dekat Kota Batu dan beberapa tempat wisata lainnya.

Harga Tiket Wisata Omah Kayu Batu

Jika berminat pergi ke sini, setidaknya pengunjung akan dikenakan dua tiket masuk. Pertama tiket masuk ke wisata Paralayang Gunung Banyak sebesar Rp. 10.000Rp. 15.000. Kedua tiket masuk Omah Kayu Batu sebesar Rp 10.000.

Apabila Anda datang berniat untuk menginap, penginapan Omah Kayu bisa disewa dengan harga berkisar Rp. 300.000Rp. 450.000. Besaran harga sewa tersebut bergantung pada bebera hal, termasuk hari kedatangan, besarnya rumah pohon atau daya tampung tamunya.

Untuk booking atau reservasi, sangat disarankan jauh-jauh hari untuk menjaga kemungkinan kehabisan. Jika berminat, Anda bisa menghubungi salah satu kontak dibawah ini :

  1. Nanang : 081931843858 (untuk paralayang)
  2. Anom Harya : Whatsapp/Line : 085746611240, Telepon : 085288776565
  3. Wawan S : No. Hp: 081232256186/085749587658, pin BB: 5AA62994

Alamat & Jam Buka Omah Kayu Batu

Alamat Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312
Jam Buka 09.00 – 17.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *