Pantai Ancol, Jakarta – Pantai Indah di Kawasan Wisata Terbesar Indonesia

Pantai Ancol. Selain Kepulauan Seribu, Ancol Taman Impian merupakan tujuan wisata favorit bagi masyarakat perkotaan di Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Kawasan wisata di pesisir utara Jakarta ini juga termasuk pantai-pantai yang indah. Di tempat inilah umumnya warga ibukota melepaskan penat dari hiruk-pikuk rutinitas harian mereka.

Berbicara mengenai pantai di Ancol, setidaknya kita akan membahas wisata taman dengan beberapa pantai sekaligus. Ada Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, dan Carnival Beach Club dll. Tidak hanya itu, kawasan pariwisata terpadu ini juga mencakup sebuah danau dan beragam tempat wisata modern yang pastinya menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda merupakan warga Jakarta, pasti tidak asing lagi dengan Pantai Ancol, atau mungkin sudah sering mengunjunginya. Sementara itu bagi sobat traveler dari daerah lain, sekali waktu menyiapkan satu kunjungan ke Taman Impian Jaya Ancol Jakarta adalah ide sempurna. Informasi dalam artikel ini bisa menjadi menu pembuka wisata Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Ancol Jakarta
sumber: liburanjalanjalan.blogspot.com

Sejarah Taman Impian Jaya Ancol

Kawasan wisata terpadu yang kini menjadi destinasi wisata terbesar di Indonesia ini dulunya adalah rawa-rawa. Sebenarnya, potensi Ancol sebagai destinasi wisata sudah menarik perhatian pemerintah sejak abad ke-17, di masa Hindia Belanda. Oleh karena kemudian terjadi Perang Kemerdekaan, potensi besar itupun seolah terabaikan.

Selanjutnya melalui insiatif Presiden RI Ir. Soekarno, ditunjuklah Gubernur DKI Jakarta dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sebagai pelaksana pembangunan kawasan Ancol di akhir tahun 1965. Di tahun berikutnya, proyek tersebut dilanjutkan oleh Gubernur Ali Sadikin dengan PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Wisata Ancol.

Seiring dengan meningkatnya perkembangan perusahaan, di tahun 1992 BPP Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol. Proyek Ancol akhirnya “go public” pada 2 Juli 2004 dengan status barunya PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Kawasan wisata Ancol mencakup belasan objek wisata, Taman dan Pantai Ancol termasuk di dalamnya.

Selain mencakup beberapa pantai, wisata Taman Pantai Ancol juga termasuk Danau Impian, sepanjang kurang lebih 6.5 km, dengan promenade di sepanjang pantainya. Di sini juga ada area Beach Park di Pantai Lagoon yang berisi aneka permainan watersport seperti Banana dan Donut Boat, Swan Pedal Boat, Kayak, serta Permainan Aqua Fun.


Aktivitas Wisata di Pantai Ancol

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai-pantai Ancol. Ideal bagi keserbajenisan wisatawan, tidak terkecuali jika wisata kali ini adalah wisata keluarga. Di pasir putihnya yang cukup panjang, para pengunjung bisa bersantai, bermain bola pasir, bermain air, berenang dan masih banyak lagi.

Di sini ada promenade (kawasan pedestrian) selebar 8 meter, Anda bisa melebar, menjelajahi sekitar. Ada penyewaan sepeda yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling menikmati suasana pantai, baik pagi maupun sore hari. Jika lelah tiba, istirahat dan menikmati kuliner adalah ide sempurna, banyak pilihannya, mulai ringan hingga berat.

Jika wisata di Ancol kali ini melibatkan anak-anak, rekomendasi terbaiknya adalah menuju Pantai Ria Ancol. Mereka dijamin betah bermain di hamparan pasir putihnya yang bersih. Di pantai ini juga ada wahana bermain anak yang bentuknya menyerupai kapal. Sayangnya, Pantai Ria tidak ideal untuk berenang karena dasarnya curam.

Aktivitas Wisata di Pantai Ancol Jakarta
sumber: korporat.ancol.com

Bagaimana dengan selfie? semua sudut pantai-pantai di Ancol bisa menjadi spot terbaik untuk mengabadikan diri. Di sini ada kawasan Pantai Bende yang populer karena jembatan dengan sebuah pendopo di ujungnya. Puaskan berswafoto ria di sana, khususnya di sore hari ketika suasananya menjadi lebih romantis.

Pantai Ancol juga termasuk pantai Karnaval sebagai tempat populer digelarnya acara-acara atau event-event besar nasional. Di hari-hari biasa, pantai ini lebih hidup di malam hari. Tempat terbaik menikmati suasana malam diterangi gemerlap cahaya. Banyak tempat wisata kuliner berpusat di pantai ini, harganya juga bersahabat.

Jangan lupa menyambangi Pantai Marina dengan dermaga yang menjadi pintu awal menuju Pulau Seribu. Di Pantai Ancol, wisatawan dijamin sibuk berbahagia. Aktivitas di atas belum mencakup bermain Swan Pedal Boat di Danau Monumen Ancol dan wahana Aquafun. Ketika weekend, Anda bisa bergabung dalam aktivitas yoga, fun dance dan aerobik.

Jika menghendaki sesuatu yang lain, bisa meluncur ke Outbondholic Ancol Adventure Park yang masih berada di kawasan Pantai dan Taman Ancol. Wahana ini di desain untuk para pecinta alam dari segala usia. Sesuai namanya, Outbondholic berupa lahan hijau dengan beragam fasilitas untuk aktivitas menantang di alam terbuka.


Fasilitas di Wisata Pantai Ancol

Selain indah dan menawarkan beragam aktivitas menarik, pantai-pantai di Ancol juga didukung fasilitas yang sangat lengkap. Seperti yang telah disebutkan di awal, di sepanjang pantai telah ada promenade. Kawasan pedestrian ini di sekitarnya juga dilengkapi beragam fasilitas kuliner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di sini juga ada fasilitas transportasi, yakni Kereta Wisata Sato-Sato. Dengan menggunakan kereta tersebut, wisatawan bisa dengan mudah menjelajah hingga ke berbagai destinasi. Selain juga sebagai wahana rekreasi, kereta bisa mengantar ke Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark dan masih banyak lagi lainnya.

Fasilitas Wisata Ancol
sumber: liburanjalanjalan.blogspot.com

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol
KeteranganHarga
Tiket Masuk
  • Weekday: Rp. 25.000
  • Weekend: Rp. 25.000
Kendaraan Roda 2Rp. 25.000
Kendaraan Roda 4Rp. 25.000
Aquafun
  • Weekday: Rp. 30.000/jam
  • Weekend: Rp. 40.000/jam
Swan Pedal Boat
  • Weekday: Rp. 30.000
  • Weekend: Rp. 40.000
Taman Impian Jaya Ancol Jakarta
sumber: factsofindonesia.com

Peta Lokasi & Jam Operasi Ancol

Jam Operasi24 Jam
AlamatTaman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta
Penginapan Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *