Pantai Buyutan Pacitan – Pesona Alamnya Diwarnai Legenda Dewa Narada

Pantai Buyutan. Kepada pecinta alam, Pacitan menawarkan segala pesona. Cobalah ke pesisir selatan, pantai-pantai indah itu benar nyata keberadaannya. Datangi satu dua di antaranya dengan segenap bahagia. Dan, pastikan bermanja penuh etika.

Mungkin, pergi ke Pantai Soge untuk merasakan seolah berada di great ocean road-nya Australia. Bisa juga ke Pantai Watukarung, kemudian melebar ke Pantai Kasap yang dikatakan mirip Raja Ampat. Atau, langsung saja ke Pantai Buyutan, tetangga Pantai Banyu Tibo yang pastinya mengagumkan.

Pergilah wahai “kisanak” pecinta keindahan. Kunjungilah Buyutan di Desa Widoro, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Awali perjalanan dengan berpetualang maya, membaca tuntas artikel ini. Agar terbekali diri dengan beragam informasi yang memang seharusnya Anda ketahui, sebelum pergi.

Pantai Buyutan Pacitan
sumber: @exploresurakarta

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Buyutan, jelas merupakan pantai yang indah. Laut birunya membentang sejauh mata memandang, sementara hamparan pasir putihnya memanjang, senantiasa setia disapa alunan ombak yang datang. Tidak hanya itu, perbentengan tebing karang juga elegan berselimut tetumbuhan hijau rindang.

Bahkan sebelum turun mencapai tepi lautnya, siapa saja akan terkesima oleh lanskap alam dari ketinggian. Tidak hanya laut yang membiru, panorama Pantai Buyutan juga berhias gugusan batu karang di lepas pantainya. Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong dan ada juga Watu Narada.

Di antara batuan tersebut, Watu Narada adalah yang terbesar dan paling ikonik. Nama dan keberadaannya dikaitkan dengan legenda tentang mahkota. Menurut foklor yang berkembang di masyarakat, batu tersebut adalah mahkota dewa Narada yang jatuh ketika sedang terbang melintasi pantai ini.

Ketika masih berada di ketinggian, Anda perlu melebar. Temukanlah sejumlah titik keindahan dengan sudut pandang yang berbeda. Jangan lupa, di atas ketinggian itu juga terhampar kebun kedelai yang cukup luas. Hijau muda kekuning-kuningan adalah warna yang ditawarkan dan layak diabadikan.

Memang, setiap orang unik dalam mendefinisikan keindahan, namun cobalah ke tebing di sisi timur. Banyak pengunjung yang mengamini betapa keindahan Pantai Buyutan kentara di spot ini. Momen terbaik adalah ketika senja mulai menjelang, seiring matahari terbenam, sunsetnya mengagumkan.

Tentu, Anda bisa mengatur kedatangan untuk itu. Yang pasti, ini masih seputar molek alam di atas tebingnya. Harus disadari, hamparan pasir putih dan birunya lautan akan secara halus memaksa siapapun turun mendekatinya. Membiarkan Anda bermain sepuasnya, asal jangan berenang, itu berbahaya.

Jelajahi sekujur pantai ini. Pesisir pantainya cukup luas memanjang, cukup membuat Anda lelah dalam kekaguman. Ketika air laut surut, sangat dimungkinkan lebih dekat dengan bebatuan karang, bisa sedekat mungkin dengan Watu Narada. Jika merasa kerasan, bisa juga mendirikan tenda dan bermalam.

Buyutan Beach Pacitan
sumber: @benny_syahputra14

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Meski tak sepopuler Pantai Klayar atau pantai di Pacitan lainnya, Pantai Buyutan juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas. Akses jalan dari tebing turun ke pantai juga cukup bagus, namun menurun tajam. Anda bisa memarkir kendaraan di area parkir pertama jika tida berani menuruninya.

Sebagai solusi jika tidak ingin berjalan kaki, bisa memanfaatkan jasa ojek yang tersedia. Untuk konsumsi, ada warung penjual makanan dan minuman. Untuk ibadah, bagi umat muslim tersedia musholla. Fasilitas lainnya adalah area parkir dan toilet. Dan, berikut harga tiket masuk Pantai Buyutan.

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp 10.000
Parkir Roda 2± Rp 2.000
Parkir Roda 4-6± Rp 5.000 – Rp 10.000
Jasa Ojek± Rp 10.000 PP
Camping Ground± Rp 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Buyutan
sumber: @angeladini

Rute Pantai Buyutan Pacitan

Seperti yang dikatakan di awal, Pantai Buyutan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Rutenya selalu bergantung dari mana arah kedatangan Anda. Jika dari Pacitan, gunakanlah rute melalui Pasar Kalak. Dari Pacitan, bisa melanjutkan ke arah Goa Gong.

Ketika sampai di pertigaan Punung yang berada di sisi barat POM Bensin Punung, ikuti jalur ke Goa Gong. Ketika berada di kompleks objek wisata tersebut, lanjutkan dengan mengikuti arah ke Desa Kalak hingga tiba di balai desanya. Temukan perempatan, ambil jalur ke kiri menuju Pasar Kalak.

Setelah pasar tersebut, ada pertigaan, belok ke kanan. Harusnya di sekitar pertigaan tersebut, sudah ada papan petunjuk arah ke Pantai Buyutan. Ikuti saja petunjuk jalannya. Menggunakan rute ini diperlukan waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam dengan jarak kurang lebih 35 kilometer.

Sementara itu, jika sobat datang dari arah Surakarta atau Yogyakarta, jaraknya kira-kira 100 kilometer atau 3 jam perjalanan berkendara. Anda bisa menggunakan rute melalui Pracimantoro, belok ke selatan ketika sampai di pertigaan Giribelah ke arah Pantai Nampu melalui Pantai Banyu Tibo.

Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 4 / 5. Jumlah penilai: 1

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *