Pantai Ciantir Sawarna, Banten – Pantai Pasir Putih nan Indah Mempesona

Pantai Ciantir. Bagi penyuka pantai, berwisata ke Desa Sawarna adalah pilihan terbaik selain Pantai Anyer, saat mereka berada di Banten. Di desa inilah deretan pantai silih berganti dengan terjalnya karang. Di antara pantai yang ada, tersebutlah Pantai Pasir Putih Ciantir sebagai salah satu objek wisata utamanya.

Disebut Pantai Pasir Putih karena di pantai ini pasir putih terhampar luas dan dikatakan sebagai yang terpanjang dibanding pantai lain yang ada di Sawarna. Disebut Pantai Ciantir karena pantai ini terletak di wilayah Ciantir. Berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Layar yang merupakan daya tarik utama Desa wisata Sawarna.

Nama Pantai Pasir Putih Sawarna juga cukup sering digunakan untuk menyebut pantai ini. Terlepas dari keragaman namanya, ini adalah pantai yang jelas keindahannya. Primadona wisata, jujugan wisatawan yang berkunjung ke Sawarna. Desa wisata ini sendiri berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Wisata Pantai Ciantir Sawarna Banten
sumber: pinguinshowtime.wordpress.com

Aktivitas Wisata di Pantai Pasir Putih Ciantir

Oleh karena hamparan pasir pantainya paling luas, banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan di Ciantir. Hampir semua aktivitas pantai pada umumnya bisa dimungkinkan di pantai ini. Sebagian wisatawan ada yang berjemur bermalas-malasan. Sebagian yang lain bermain Volley Pantai dan main bola pantai.

Bagi penyuka aktivitas selancar, di sini adalah tempat ideal untuk melakukannya. Karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ombak pantai ini cenderung besar, sehingga cocok untuk surfing. Tidak sedikit wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang datang untuk berselancar, menaklukkan ombak pantai ini.

Pasir pantai yang bersih dan lembut membuat pengunjungnya betah berlama-lama, bersantai dan bermain pasir. Bisa juga jika sobat traveler ingin menjelajah menyusuri pantai hingga tiba di Goa Langir yang eskotis. Apapun kegiatannya, pastikan bertahan hingga menjelang senja. Sunset pantai di Ciantir sangat mempesona.

Harga Tiket Masuk Pantai Ciantir Sawarna
sumber: @okimrs

Fasilitas di Wisata Pantai Ciantir Sawarna

Selain pesona alam yang ditawarkan, satu hal yang membuat Pantai Pasir Putih Ciantir banyak dikunjungi adalah lokasinya. Pantai ini berada tidak jauh dari perkampungan warga. Banyak penginapan jenis homestay di sekitarnya. Ada juga beberapa hotel. Jika ingin lebih dekat dengan alam, bisa juga berkemah mendirikan tenda.

Untuk masalah konsumsi, jangan khawatir! Pantai indah ini juga menawarkan wisata kuliner. Warung-warung dengan menu khas laut mudah ditemukan, termasuk jika ingin makan di restoran pun bisa. Sebagai bagian dari objek wisata Desa Sawarna, secara umum fasilitas pantai memadai. Tidak terkecuali kemudahan akses jalannya.


Harga Tiket Masuk Pantai Ciantir Sawarna
KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 5.000
Parkir Roda 2Rp. 2.000
Parkir Roda 4Rp. 5.000
Rp 25.000 (24 jam)
Makanan± Rp. 10.000 – Rp. 50.000
Penginapan± Rp. 80.000 – Rp 300.000
Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna
sumber: @its_me_lilie

Peta Lokasi & Rute Pantai Pasir Putih Sawarna

Untuk ke pantai ini, terlebih dahulu harus tiba di Desa Sawarna. Rutenya mudah namun beragam dan bergantung pada arah kedatangan serta jenis kendaraan yang digunakan, umum atau pribadi. Dari arah Jakarta, ada dua jalur, jalur barat (234 km) dan jalur timur (183 km). Jika dari arah Bandung bisa melalui Cianjur. Berikut rinciannya:

Rute Jakarta
Jalur Barat
  1. Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  2. Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  3. Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna
Jalur Timur
  1. Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  2. Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  3. Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
Rute Bandung
  1. Bandung – Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Jika menggunakan transportasi umum. Durasi menjadi lebih panjang, yakni 9-10 jam, kendaraan pribadi hanya 6-7 jam. Jika memilih transportasi umum, dari Jakarta bisa naik KRL ke Stasiun Bogor. Lanjut ke Terminal Baranangsiang menggunakan angkutan umum.

Dari terminal tersebut, lanjutkan naik bis ke Pelabuhan Ratu, kemudian naik ELF menuju Sawarna. Ketik sampai di Desa Sawarna, Pantai Pasir Putih Ciantir berjarak 600 m saja dari pos masuk di Dusun Cikaung. Manfaatkan peta lokasi di bawah ini untuk mempermudah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *