Pantai Gemah Tulungagung – Pantai Indah yang Meriah dan Kaya Wahana

Pantai Gemah. Jawa Timur punya sederetan pantai indah yang layak dijelajahi. Tersebar di beberapa daerah, termasuk di Tulungagung. Kabupaten yang menjadi salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia ini juga mengoleksi beberapa pantai menawan. Selain Pantai Kedung Tumpang, ada juga Pantai Gemah.

Gemah merupakan nama pantai yang berlokasi di Soireng, Keboireng, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur. Sebuah pantai meriah yang hampir selalu dipadati pengunjung. Tidak hanya karena lokasinya yang berada di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS), pantai ini senantiasa diminati karena banyaknya wahana yang menyertainya.

Jika sobat ada rencana wisata ke Jawa Timur, menyempatkan diri ke Pantai Gemah adalah ide yang menarik. Dengan segala bentuk wahana dan fasilitas penunjang yang tersedia, pantai ini cukup pintar membuat pengunjungnya berbahagia. Datanglah! setelah sebelumnya memperkaya informasi dengan tuntas membaca artikel ini.

Rute Harga Tiket Pantai Gemah
sumber: belajarcuan.com

Keindahan Alam Pantai Gemah

Perihal keindahannya, pantai yang menghadap ke timur ini menawarkan hamparan pasir luas dan panjang. Pasir kecoklatan itu terhampar berhias jajaran pohon cemara yang teduh. Sementara itu di ujung utara dan selatan, terjalnya batu-batu dan tebing-tebing karang melengkapi keeksotikan alam pantainya.

Meski umumnya pantai selatan dikenal memiliki ombak yang besar, Gemah merupakan pantai teluk sehingga ombaknya cukup tenang. Lautnya yang biru mengalunkan gelombang airnya penuh persahabatan, riak-riak ombak menjadi salam khas yang senantiasa mesra menyapa. Suasananya nyaman dan menenangkan.

Tidak hanya itu, sebagai pantai teluk, perbukitan hijau membentengi dan turut menyempurnakan lanskap pemandangannya. Dulunya Pantai Gemah termasuk pantai tersembunyi di Tulungagung. Namun, setelah JLS dibangun dan resmi beroperasi, pesona Gemah pun terlihat dan kini seolah menjadi pantai sejuta umat.


Aktivitas, Wahana dan Fasilitas

Seiring dengan banyaknya pilihan fasilitas yang tersedia, aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Gemah menjadi sangat beragam. Tidak terkecuali bagi sebuah wisata keluarga. Hampir semua kegiatan pantai bisa dilakukan di sini. Bersantai, bermain air, menyusuri pantai, atau memancing dan masih banyak lagi.

Karena area pasir yang luas, aktivitas menarik yang populer dilakukan wisatawan adalah menjelajah dengan menggunakan ATV atau Mini Trail. Ada juga wahana flying fox dan bagi anak-anak tersedia juga istana balon. Bagi yang ingin bermain-main dengan air bisa mencoba keseruan naik banana boat atau berperahu.

Fasilitas di Pantai Gemah Tulungagung
sumber: @agungsb_19

Selebihnya, areal Pantai Gemah juga termasuk hutan pinus yang rindang dan teduh. Di hari yang terik, banyak wisatawan yang bersantai sambil menikmati suasana sekitar dengan menggelar tikar. Banyak lagi aktivitas lain, termasuk tersedianya spot-spot menarik bagi mereka yang doyan berswafoto (selfie).

Selain wahana dan fasilitas penunjang aktivitas, pantai ini juga dilengkapi fasilitas wisata yang terbilang lengkap. Banyak tersedia warung-warung penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Area parkirnya sangat luas, bus pun bisa masuk. Fasilitas dasar lainnya juga mencakup toilet atau ruang bilas dll.


Biaya Wisata & Harga Tiket Masuk
KeteranganHarga
HTM WeekdayRp. 5.000
HTM WeekendRp. 7.500
Parkir Roda 2Rp. 2.000
Parkir Roda 4Rp. 5.000
Parkir Bus/ElfRp. 10.000
Sewa ATVRp. 80.000 (150cc)/jam
Rp. 100.000 (250cc)/jam
Mini TrailRp. 60.000/jam
Flying FoxRp. 25.000
Banana BoatRp. 40.000/org
BerperahuRp. 10.000/org
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Wisata Pantai Gemah Tulungagung
sumber: ksmtour.com

Peta Lokasi & Rute Pantai Gemah

Menuju pantai ini sangat mudah karena lokasinya berada di dekat Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan Tulungagung-Trenggalek. Beralamatkan di Desa Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dari Kota Tulungagung bisa menuju arah selatan hingga tiba di pertigaan Jalur Lintas Selatan.

Di pertigaan, belok ke arah barat. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan papan petunjuk ke pantai ini di tepi jalan. Ikuti saja petunjuknya hingga tiba di lokasi pantai. Semua jenis kendaraan umumnya bisa masuk. Berikut peta lokasinya, untuk mempermudah manfaatkan rute dengan klik “directions/petunjuk arah“.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *