Pantai Gerupuk Lombok – Pantai Indah, Spot Selancar Terbaik di Mandalika

Sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Indonesia, Kawasan Wisata Mandalika Lombok, NTB menonjol melalui koleksi pantai indahnya. Pantai Gerupuk termasuk salah satu wisata pantai yang ikonik di sekitar Mandalika. Pantai ini indah berpasir putih benderang dengan gelombang laut yang mengagumkan.

Gerupuk Beach berjarak sekitar 10 km dari Pantai Kuta. Dalam jarak yang bisa ditempuh mudah selama 23 menit berkendara itu, berjajar pantai indah lainnya. Terletak di sebelah timur Pantai Tanjung Aan yang juga menawan, kurang dari 4 km jaraknya. Ide bagus jika pantai ini dijadikan satu paket wisata Mandalika.

Jika berminat? meluncur segera ke Desa Kuta Lombok, nikmati keindahan pantai di Mandalika untuk kemudian tiba di Pantai Gerupuk. Pantai ini berada di wilayah yang namanya sama dengan nama pantainya, yakni Gerupuk. Secara administratif masuk wilayah Desa Gerupuk, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Gerupuk Beach Lombok Tengah
credit: flickr/kajisagook/CC BY-NC-ND 2.0

Daya Tarik Pantai Gerupuk Mandalika

Meski dalam jumlah kunjungan belum bisa disamakan dengan Pantai Seger dan Pantai Kuta di sisi baratnya, keindahan Pantai Gerupuk tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantainya indah dengan pasir putih yang landai memanjang mengikuti alur perbukitan yang membatasinya. Suasananya cenderung lebih sepi, menenangkan!

Gerupuk, sejauh ini juga dikenal sebagai pantai yang kaya akan ganggang laut atau rumput laut. Selain sebagai nelayan dan peternak ikan, masyarakat di sekitar pantai juga banyak yang menjadi petani rumput laut. Mereka membudidayakannya untuk kemudian dikirim ke Pulau Bali dan Pulau Jawa, khususnya Surabaya.

Gelombang Ombak Yang Mengagumkan

Ombak yang liar dan indah adalah daya tarik utama pantai ini. Di sinilah surga para peselancar, salah satu spot surfer terbaik di Nusa Tenggara Barat. Keindahan ombaknya mampu menjulang tinggi hingga 3 meter. Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan yang datang ke sini adalah turis mancanegara yang hobi surfing.

Jika Anda gemar berselancar, Gerupuk memiliki 5 spot surfing yang terkenal dengan ombaknya yang sangat liar. Uniknya, selain diberi nama dengan bahasa lokal, spot-spot tersebut juga memiliki nama internasional. Ada Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left).

Lanskap Perbukitan Yang Menakjubkan

Tidak hanya menjadi surga bagi peselancar, Gerupuk juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Jajaran perbukitan menghiasi pesisirnya, sangat ideal bagi traveler yang menyukai aktivitas jelajah alam dan tantangan. Jika berkunjung ke pantai ini, pastikan melebar, trekking dan mendaki perbukitan yang ada.

Susurilah pesisir pantainya yang landai, untuk selanjutnya menjelajah perbukitan yang terjal dan capailah puncak tertinggi. Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda motor dari penduduk setempat. Selama Anda bersusah payah melalui medan yang terjal, lanskap alam tersaji indah di depan mata.

Keindahan alam semakin sempurna jika Anda mampu mencapai puncaknya. Di atas ketinggian, pemandangan pantai di Mandalika Lombok terpampang di sejauh mata memandang. Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung yang terkenal nampak di kejauhan. Juga, panorama indah Pantai Gerupuk yang memanjakan.

Gerupuk Pantai di Mandalika Lombok
credit: unsplash/@ollivves

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Bertetangga dengan kawasan pusat perhatian di Mandalika, wisata pantai di Gerupuk terus berkembang dengan berbagai fasilitas penunjang. Yang terbaru adalah pembangunan insfrastruktur jalan di zona timur yang langsung terhubung ke pantai ini. Akses jalan menjadi lebar dengan 2 jalur, semakin bagus beraspal mulus.

Rencananya, ruas jalan utama di Mandalika ini akan terhubung dengan jalan bypass Bandara International Lombok menuju Mandalika sepanjang 17 Km. Di masa mendatang, juga direncanakan penambahan fitur berupa penerangan jalan umum, pedestrian dan landscape area. Juga, pembatas jalan dan drainase swale.

Untuk saat ini, fasilitas di Gerupuk Beach juga sudah cukup memadai. Tersedia fasilitas penunjang aktivitas berupa persewaan alat-alat selancar, snorkeling, serta persewaan perahu dan sepeda motor. Di Gerupuk juga terdapat Pusat Konservasi Laut yang memungkinkan wisatawan belajar tentang biota laut dan ekosistemnya.

Untuk konsumsi, mudah menemukan warung, restoran atau kafe di sekitar pantai. Untuk akomodasi, banyak juga rumah masyarakat yang diubah menjadi homestay. Banyak juga opsi penginapan lain, seperti villa, hotel dan resort di pinggir pantai ini. Untuk opsi penginapan lebih banyak, tersedia di wialayah Kuta Mandalika.

Pantai Gerupuk Lombok Tengah
credit: flickr/kajisagook/CC BY-NC-ND 2.0

Lokasi Pantai Gerupuk Lombok Tengah

Kunjungi pantai ini di Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kurang lebih 60 km dari ibu kota NTB, yakni Kota Mataram atau sekitar 1,5 jam perjalanan berkendara. Kurang lebih 28 km atau 45 menit berkendara jika Anda berangkat dari Bandar Udara Internasional Lombok.

Dari pusat The Mandalika, yakni Desa Kuta, Gerupuk berada di sebelah timur dalam jarak kurang lebih 10 km. Seperti dikatakan sebelumnya, untuk saat ini akses jalan menuju ke pantai ini sudah sangat bagus dan beraspal. Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan peta lokasi yang bisa di akses di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *