Pantai Jimbaran Bali – Antara Kuliner Laut dan Sunset Indah di Pantai Bali

Pantai Jimbaran. Bali menjadi tujuan wisata terbesar di Indonesia, salah satunya karena jajaran pantai yang dimilikinya. Dan, kawasan Kuta di Kabupaten Badung menjadi daerah yang memberi sumbangsih besar karena di sinilah pantai-pantai indah di Bali berada.

Sejak era 70-an, Wisata Pantai Kuta telah mempesona wisatawan dunia. Semua orang tahu itu, namun pantai di Kuta tidak hanya itu. Seiring berjalannya waktu, Seminyak hadir dengan gegap gempita hiburan. Pantai Nusa Dua yang populer kemolekannya itu juga berada di Kuta.

Selain itu ada pula Pantai Jimbaran yang menjadi penghubung Bali daratan dengan semenanjung bukit di sisi selatannya. Jimbaran merupakan rekomendasi pantai indah Bali, khususnya bagi mereka yang doyan wisata kuliner. Suasananya cenderung romantis, lebih hidup di malam hari.

Pantai Jimbaran
sumber : liburmulu.com

Sejarah Tempat Wisata Jimbaran Bali

Asal usul “Jimbaran” berangkat dari kisah dua saudara, yakni Dalem Putih dan Dalem Ireng. Keduanya terpisah lantaran sang ibu harus membawa Dalem Ireng karena suatu alasan. Dalem Putih pun diasuh oleh pertapa sakti hingga mendapatkan ilmu pengobatan.

Pertapa tersebut meninggal dunia ketika Dalem Putih beranjak dewasa. Dalem Putih akhirnya bertemu Dalem Ireng setelah ia memutuskan pergi ke Uluwatu. Sempat terjadi pertengkaran karena kesalahpahaman, namun akhirnya rukun setelah tahu latarbelakang masing-masing.

Selanjutnya, Dalem Ireng lebih memilih menjadi pengembaran dan Dalem Putih mengamalkan ilmunya di Uluwatu. Di utara Uluwatu, Dalem Putih memutuskan membabat hutan baru. Karena luas, daerah itu dinamakan “Jimbaran” asal katanya “jimbar” artinya luas.

Sama halnya dengan Seminyak, dulunya pesisir Jimbaran merupakan perkampungan nelayan. Sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup dengan mencari ikan di laut. Sejak lama wilayah ini memang terkenal sebagai penghasil ikan laut yang segar.

Waktu pun berganti, seiring dengan geliat pariwisata Bali, keindahan pantai di Jimbaran pun turut diminati. Pasirnya yang putih bersih, gradasi laut yang membiru, serta kemolekan warna alam saat matahari tenggelam menjadi nilai lebih di mata wisatawan.

Setidaknya di akhir era 80-an, tempat wisata Jimbaran mulai berkembang. Sebagai wilayah penghasil ikan segar serta karena pesona alamnya yang menakjubkan, akhirnya banyak investor yang tertarik berinvestasi dalam pembangunan fasilitas wisata.

Bahkan potensi Jimbaran turut menarik minat Four Seasons Hotels and Resorts. Perusahaan hotel mewah bintang lima internasional asal Kanada itu membangun salah satunya properti mewahnya di pantai ini pada tahun 1992, yakni Four Seasons Jimbaran.

Jimbaran yang dulunya desa nelayan, berubah menjadi kawasan wisata dengan beragam varian hotel, villa, dan restoran berstandar internasional. Hal ini turut merubah kehidupan masyarakat nelayannya yang kemudian lebih bergerak di bidang pariwisata.

Tahun 2015, Bali disorot dunia melalui kejadian memilukan, yakni Tragedi Bom Bali. Pusat tragedi itu ada di kawasan wisata Jimbaran. Lokasi tepatnya di Cafe Menega dan Cafe Nyoman. Kejadian itu, sekaligus melambungkan keberadaan wisata Jimbaran.

Wisata Pantai Jimbaran Bali
sumber: @nancyaryasubawa

Aktivitas Wisata di Pantai Jimbaran

Selain di Pantai Nusa Dua, di sinilah tempat ideal jika Anda berlibur ke Bali bersama keluarga dan anak-anak. Karena suasana yang dihadirkan cenderung romantis, wisata Jimbaran Bali juga cocok bagi pasangan yang sedang berbulan madu.

Di pasirnya yang putih kekuning-kuningan itu, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas. Bersantai di pantai adalah hal yang umum dilakukan. Pantai ini juga memungkinkan jika Anda ingin berenang dan bermain air, snorkeling dan selancar.

Jika suka memancing, spot terbaiknya ada di Jimbaran Bay. Dua titik lain yang bisa dicoba adalah di Kedongan atau di area sekitar Pura Tegal Wangi. Apabila ingin lebih jauh, bisa ke tengah laut dengan menyewa perahu, memancing didampingi nelayan sekitar.

Jika tertarik melebar, capailah Pasar Kedonganan. Di pasar ikan populer itu Anda bisa berbelanja hasil laut segar, ikan, kerang, kepiting, udang, dan lobster. Di pasar yang buka 24 jam ini, berlaku konsep tawar-menawar. Jadi, tawarlah harganya.

Daya tarik utama Pantai Jimbaran adalah kuliner dan sunset. Di sinilah pusat wisata kuliner laut di Bali. Sebagian besar restoran dan kafe menyediakan tempat makan di pesisirnya. Sehingga, pengunjung bisa mencicipi kuliner sambil menikmati suasana pantainya.

Ketika senja tiba, suasana Pantai Jimbaran benar-benar romantis. Oleh sebab itu banyak yang menjadikan objek wisata ini sebagai lokasi honeymoon (bulan madu) bersama pasangan. Untuk wisata keluarga, makan malam bersama di pantai ini adalah ide yang sempurna.

Intinya, Wisata Pantai Jimbaran adalah pantai terbaik di Bali yang memadukan keindahan alam dengan kuliner khas laut (seafood). Menikmati keindahan matahari sambil menyantam sajian seafood terlezat sangatlah menyenangkan. Jadi, datang dan lakukanlah.


Fasilitas di Kawasan Wisata Jimbaran

Sebagai salah satu objek wisata pantai terpopuler di Pulau Bali, kawasan wisata Jimbaran menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Telah disebutkan di atas bahwa sejak 1992, di pantai ini telah dibangun Four Seasons Hotel yang sangat mewah.

Beragam jenis fasilitas akomodasi lain juga mudah ditemukan. Penginapan, hotel, cafe dan restoran semuanya ada. Namun, umumnya fasilitas wisata di Jimbaran hanya buka sampai pukul 23.00. Jimbaran juga termasuk Pasar Kedonganan dengan aneka hasil lautnya.

Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Bandara Ngurah Rai dan Toll Bali Mandara. Banyak juga shopping center dan toko oleh-oleh khas Bali yang terletak dekat dengan pantai ini. Semua fasilitas yang dibutuhkan sudah tersedia di kawasan Jimbaran Bali.

Liburan di Pantai Jimbaran Bali
sumber: ksmtour.com

Harga Tiket Masuk Pantai Jimbaran Bali
Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Roda 2 Rp. 2.000
Parkir Roda 4 Rp. 5.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Peta Lokasi & Rute Wisata Jimbaran

Tempat Wisata Pantai Jimbaran berada di Desa Adat Jimbaran di barat daya Bali di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jaraknya sekitar 7 km atau membutuhkan 20 menit perjalanan berkendara.

Dari gerbang Toll Bali Mandara, objek wisata ini terletak kurang lebih 10 km. Adapun jika dari Seminyak berjarak sekitar 11 km melalui Jalan Sunset Road. Aksesnya mudah dengan banyak varian transportasi. Berikut ini peta lokasinya. Klik “direction/petunjuk arah” untuk mempermudah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *