Pantai Kelingking – Pesona Nusa Penida Bali Yang Tidak Lagi Tersembunyi

Nusa Penida adalah sudut keindahan yang luar biasa dari Pulau Bali. Banyak hal yang diperlukan untuk menggambarkan pesona alamnya. Namun sejauh ini, bagian barat Nusa Penida sudah terlanjur menjadi primadona. Selain karena Broken Beach yang eksotik, di sanalah keberadaan Pantai Kelingking yang cantik.

Kelingking Beach merupakan surga yang tak mampu lagi bersembunyi. Meski jika dibandingkan objek wisata lain di Bali, akses jalannya kurang bagus. Namun, keindahannya sudah sedemikian terdengar dan mendunia. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya, dan kini giliran Anda.

Jika berminat, pastikan dulu Anda berada di Bali untuk selanjutnya menyeberang ke Nusa Penida. Secara administratif Pantai Klingking berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Berangkatlah setelah benar-benar tuntas membaca informasi dalam artikel ini.

Pantai Kelingking Nusa Penida Bali
credit: unsplash/@ttah_photos

Daya Tarik Pantai Kelingking Bali

Tentu, Nusa Penida Bali tetap sebuah pulau dan keindahan alam merupakan daya tarik utamanya. Demikian pula dengan Pantai Kelingking Nusa Penida yang punya ciri khas kecantikan tersendiri. TripAdvisor Travelers’ Choice Awards 2019 menempatkan pantai ini di urutan ke-19 dalam 25 daftar pantai terbaik di dunia.

Tebing Kelingking Yang Ikonik

Daya tarik utama pantai ini bisa dilihat dari apa yang oleh sebagian wisatawan disebut Kelingking Cliff Point. Sebuah tebing dengan ketinggian kira-kira 200 meter. Menurut masyarakat setempat bentuk tebing yang memanjang menjorok ke laut tersebut menyerupai jari kelingking. Ini adalah asal-usul nama pantainya.

Di sisi lain, banyak wisatawan yang menyebut bahwa tebing Kelingking bentuknya mirip dinosaurus, yakni Tyrannosaurus atau T-REX. Di atas ketinggiannya, ada sebuah viewpoint untuk menikmati keindahan lebih maksimal. Sayangnya, dibutuhkan cukup nyali karena tebing yang curam hanya dibatasi oleh pagar bambu.

Di Kelingking Cliff Point, Anda bisa menyaksikan mahakarya alam yang sudah demikian masyhur dikagumi. Samudera biru luas membentang sedap dipandang. Formasi tebing kapur yang menjulang menyempurnakan eksotikanya. Di sinilah titik di mana semua orang mencoba selfie dengan latar belakang mengagumkan.

Jika datang ke sini, bijaksanalah dalam mengagumi keindahan. Tetap berhati-hati karena apa yang ada di depan Anda menyisakan bahaya. Kebebasan untuk menjelajah terbatasi akses jalan sempit di tebing yang sangat curam. Perlu diingat, pada awal 2018 yang lalu seorang turis Rusia terpeleset jatuh dan meninggal.

Pantai Indah Berpasir Putih

Setelah puas menikmati lanskap alam dari ketinggian, pastikan tersedia cukup energi untuk trekking menuruni tebing. Capailah Kelingking Beach dengan penuh kehati-hatian. Turunan curam dan harus melewati ratusan tangga alami berpagar bambu dari ketinggian sekitar 200 meter. Selalu utamakan keselamatan.

Pantai Klingking adalah pantai yang cantik namun sempit. Hamparan pasirnya yang putih bersih dan landai dibentengi oleh tebing batuan kapur yang tinggi. Gelombang ombaknya cukup kuat, sehingga berenang kurang disarankan. Sisakan juga energi untuk kembali menaiki tebing setelah puas menikmati pantainya.

Eksotika Matahari Terbenam

Berkunjung ke Pantai Kelingking Bali, satu hal yang jangan sampai terlewatkan, yakni menikmati keindahan matahari tenggelam. Sunset adalah menu penutup setelah Anda puas menikmati apa yang disajikan Klingking Cliff Point dan Klingking Beach. Setelah kembali berada di puncak, tunggu sampai senja menjelang.

Pantai Kelingking Nusa Penida
credit: unsplash/@kilarov345

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sejauh ini, perhatian utama dari Kelingking Beach adalah infrastruktur jalan yang tidak bagus. Meski, seiring perkembangannya secara perlahan pasti ada perubahan, dari waktu ke waktu. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di pantai ini disediakan akses menuruni tebing berpagar bambu seadanya dan tidak aman.

Selebihnya, fasilitas wisatanya belum banyak. Namun, bukan berarti tidak ada. Tersedia toilet umum di sekitar area parkir kendaraan. Ada juga beberapa warung sederhana untuk konsumsi. Adapun untuk akomodasi, belum ada penginapan atau di sekitar pantai. Anda bisa mendirikan tenda, camping untuk bermalam.

Biaya dan Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket MasukRp5.000
ParkitRp2.000 – Rp5.000
ToiletRp3.000 – Rp10.000
Pantai Kelingking Bali
credit: unsplash/@reallynattu

Lokasi Pantai Kelingking Nusa Penida

Kelingking Beach Nusa Penida Bali berlokasi di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Kurang lebih 20 km jaraknya dari Pelabuhan Nusa Penida Toya Pakeh/Banjar Nyuh. Karena kondisi jalan kurang bagus, waktu tempuh berkendara bisa mencapai 1 jam lebih.

Cara ke Pantai Klingking

Anda bisa mencapainya, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak terbiasa berkendara di medan yang sulit, saran terbaik adalah menggunakan mobil dengan sopir, jangan menggunakan sepeda motor. Bisa juga memanfaatkan jasa paket wisata Nusa Penida yang banyak tersedia.

Sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah berada di Nusa Penida. Jika belum, lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Ada 3 opsi untuk menyeberang ke Nusa Penida, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pelabuhan di Pantai Sanur.

Naik Fast Boat dari Sanur

Sejauh ini, rekomendasi terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan menggunakan fast boat berkisar Rp100.000 – Rp120.000 bergantung boat vendor yang digunakan. Ada 3 boat vendor di Pantai Sanur, yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwalnya:

Boat VendorSanur – Nusa PenidaNusa Penida – Sanur
El Rey Junior Fast Boat08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal Fast Boat08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express Fast Boat08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Tips Wisata ke Kelingking Beach Bali

Bagaimana? tertarik berwisata ke Pantai Kelingking? selain informasi di atas, ada beberapa tips jika Anda memutuskan pergi ke Kelingking Nusa Penida. Pastikan kondisi badan fit dan persiapkanlah air minum secukupnya sebagai bekal trekking naik turun tebing. Juga, sepatu hiking, sunblock, dan kamera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *