Pantai Kuta Bali – Tujuan Wisata Pantai di Bali yang Senantiasa Primadona

Pantai Kuta Bali. Setidaknya sejak tahun 1970-an, pantai yang berada di kecamatan Kuta di sisi selatan Kota Denpasar ini telah menjadi objek wisata andalan di Pulau Bali. Tidak hanya bagi wisatawan Indonesia, Kuta adalah salah satu tujuan utama turis mancanegara datang ke Bali.

Perihal keindahannya, Pantai Kuta menawarkan hamparan pasir putih landai yang panjang dan luas. Laut yang biru memiliki ombak yang bagus untuk selancar, khususnya bagi peselancar pemula. Sunset Beach disematkan sebagai penanda bahwa pantai ini juga menawarkan keindahan matahari terbenam.

Meski oleh karena beberapa alasan, Pantai di Seminyak yang berada di utara pantai ini kini lebih digandrungi, Pantai Kuta tetaplah primadona yang tak lekang oleh waktu. Senantiasa menjadi daya tarik utama wisata di Pulau Dewata. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali liburan ke Bali.

Sunset Kuta Beach Bali
sumber: wisatalagi.wordpress.com

Lebih Dekat: Objek Wisata Pantai Kuta

Di masa lalu, Kuta merupakan pelabuhan dagang tempat memperdagangkan produk lokal kepada pembeli dari luar Bali. Pelabuhan dagang tersebut juga menarik para pedagang dari luar negeri. Salah satunya Mads Lange yang datang ke Bali sekitar abad ke-19 dan mendirikan basis perdagangannya di Kuta.

Mads Lange yang berasal dari Denmark itu dikenal ahli bernegosiasi. Ia terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda. Selanjutnya, mungkin karena melihat besarnya potensi wisata di pantai ini, seorang Hugh Mahbett menerbitkan buku “Praise to Kuta” yang isinya mengajak masyarakat menyiapkan fasilitas akomodasi.

Fasilitas dan akomodasi diperlukan untuk mengantisipasi meledaknya kunjungan wisata ke Bali, khususnya ke Pantai Kuta. Buku tersebutlah yang menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas penginapan, restoran, dan tempat hiburan. Seiring berjalannya waktu, Kuta pun dikenal oleh masyarakat dunia.

Selain karena keindahan alamnya, Pantai Kuta Bali selalu ramai dikunjungi karena letaknya yang sangat strategis. Kecamatan Kuta sebagai tempat pantai ini berada tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Dalam kondisi jalan lancar, hanya diperlukan 10-15 menit dari bandara untuk sampai ke pantai ini.

Dalam banyak hal, popularitas Pantai Kuta memberi dampak positif bagi Pulau Bali sebagai primadona wisata di Indonesia. Terkhusus berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Di sisi lain, popularitasnya juga diwarnai masalah kebersihan dan tumpukan sampah, terutama di musim liburan.

Karena banyak keluhan, berbagai cara diusahakan untuk mengatasinya. Khususnya oleh prajuru Desa Adat Kuta dan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) yang bermitra dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung. Kini, mobil loader terlihat memunguti sampah di setiap pagi harinya.


Aktivitas Wisata di Pantai Kuta Bali

Di garis pantainya yang mencapai kurang lebih 5 kilometer, Kuta menampung aktivitas wisatawan yang sangat beragam. Anda bisa saja melakukan seperti yang umumnya wisatawan lakukan. Bersantai menikmati pemandangan laut sambil berjemur seperti kebiasaan turis mancanegara.

Bisa juga lebih dekat dengan air atau menyusuri pesisir pantainya. Di sini ada tempat budidaya penyu yang ditandai oleh Patung Penyu Raksasa. Di tempat tersebut, sobat bisa melihat proses penetapan penyu dan pemeliharaan tukik. Jika beruntung, bisa juga ikut kegiatan melepas penyu ke pantai.

Selain itu, aktivitas utama yang paling populer adalah selancar. Jika menyukainya, lakukanlah karena Kuta adalah pantai favorit untuk lokasi surfing di Bali. Ada banyak penyewaan papan selancar di pantai ini. Jika ingin belajar, ada juga jasa pemandu selancar yang tentunya sudah berpengalaman.

Surfing Pantai Kuta Bali
sumber: @sportextravel

Opsi menarik untuk bersenang-senang dengan ombak adalah menyewa papan selancar kecil atau boogie board. Nikmatilah sensasi berenang dengan boogie board saat di ombang-ambing oleh ombak. Namun tentu saja tetaplah di zona aman yang biasanya ditandai bendera merah kuning. Jangan melanggar zona tersebut, bahaya!

Selebihnya, banyak sekali yang bisa dilakukan di kawasan wisata Pantai Kuta Bali. Beberapa waktu lalu, di sekitar pantai juga telah disediakan transportasi tradisional, yakni dokar atau delman. Jika tertarik, naik dan nikmati suasana sekitar melalui jalan-jalan khusus tanpa terganggu lalu lintas yang biasanya padat.

Apapun aktivitasnya, pastikan saja bertahan hingga menjelang senja. Nama lain pantai ini adalah Sunset Beach, tempat dimana keindahan matahari terbenam di Bali benar-benar ditunjukkan. Pantai Kuta adalah kebalikan dari Pantai Sanur yang dijuluki Sunrise Beach sebagai tempat terbaik menikmati matahari terbit.


Fasilitas Wisata Pantai Kuta Bali

Sebagai objek wisata yang bisa dikatakan paling terkenal di Bali, Pantai Kuta telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Beragam opsi penginapan, restoran dan bar tersebar di sekitar pantai. Tidak terkecuali para pedagang makanan dan minuman kecil bisa ditemukan di sepanjang Pantai Kuta Bali.


Harga Tiket Masuk Pantai Kuta
KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp. 2.000
Parkir Roda 4Rp. 5.000
Surf Board± Rp. 100.000/jam
Boogie Board± Rp. 50.000/jam
Sewa Tikar± Rp. 15.000
Jasa Pijat± Rp. 75.000/jam
Naik Dokar± Rp. 50.000-Rp. 100.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Kuta Bali
sumber : pengendolan.com

Peta Lokasi & Rute ke Pantai Kuta

Seperti yang telah dikatakan di awal-awal artikel ini, salah satu yang membuat Pantai Kuta selalu ramai dikunjungi adalah lokasinya yang strategis. Sangat mudah untuk mencapainya. Hanya sekitar 15 menit dari Bandara Ngurah Rai Bali. Beragam transportasi bisa dipilih, termasuk Bus Trans Sabagita dan Komotra dengan tarif bersahabat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *