Pantai Mawun Lombok – Menawan di Antara Pantai Kuta dan Selong Belanak

Pantai Mawun. Bagi pecinta pantai, nama Pulau Lombok demikian terdengar untuk mewakili surga pantai indah di Indonesia. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air telah mendunia, adapun Pantai di Mandalika kian menanjak popularitasnya.

Ada juga Pantai Senggigi yang tetap menjadi primadona. Juga, Pantai Pink yang mengagumkan bertetangga cukup dekat dengan Tanjung Bloam yang terlanjur menawan. Dan… masih banyak lagi! salah satunya yang akan kita kenal lebih dekat di artikel ini. Wisatawan mancanegara menyebutnya Mawun Beach.

Selamat datang di Pantai Mawun“. Setidaknya ungkapan tersebut tersirat jika sobat telah sampai di lokasinya, di Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah. Berada di antara Selong Belanak dan Pantai Kuta. Sebelum benar-benar sampai di sana, mari sejenak berpetualang maya untuk menggali informasi tentangnya.

Wisata Pantai Mawun di Pulau Lombok
@agwindaa

Daya Tarik Pantai Mawun Lombok

Mawun adalah pantai molek yang perlahan tapi pasti tidak lagi sanggup menyembunyikan kemolekannya. Meski Bukit Pengolo dan Bukit Nettem kekeh membentengi di sisi timur dan baratnya, Lombok demikian gencar mempopulerkan keindahan alamnya. Alhasil, pantai ini pun diketahui dan dikagumi keindahannya.

Berada di sebuah teluk di Lombok bagian selatan, garis pantai ini unik karena mirip tapal kuda jika diamati dari ketinggian. Pantai semi-circular dengan gelombang ombak yang cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak hanya mengalun lebih tenang di sisi timur dan baratnya.

Pasir pantainya yang bersih putih kekuning-kuningan, terhampar melengkung menegaskan nuansa indah panorama alam. Cenderung lebih lembut di bagian tengah sehingga aman di kaki telanjang. Namun, semakin ke barat pasirnya menjadi lebih kasar karena sebagian besar telah bercampur dengan pecahan karang.

Liburan ke Pantai Mawun, maksimalkan kegembiraan Anda. Jelajahi pantai ini, sementara biarkan semilir angin menemani sepanjang ketakjuban. Bergeraklah dan pastikan energi mencukupi untuk mendaki. Menuju ke atas salah satu bukit yang ada dan nikmati lanskap alam dari atas ketinggian. Bersyukurlah!

Selfie? itu terserah Anda! demikian juga bagi yang suka fotografi, banyak sekali sudut yang pastinya layak diambil gambarnya. Jika ini adalah wisata keluarga yang membawa serta anak-anak tercinta, lokasi paling ideal adalah di sisi barat atau di sisi timur karena topografinya lebih landai dan ombaknya pun relatif tenang.

Bagaimana dengan bermain air atau berenang? sebenarnya tidak disarankan karena gelombang airnya cukup besar. Selain itu, sejauh ini belum ada penjaga pantai yang memastikan keamanannya. Meski demikian, dengan tetap berhati-hati, Anda bisa berenang atau bermain air di pinggiran dan jangan terlalu ke tengah.

Beauty Mawun Beach NTB
@bradonfoz

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Meski keberadaan Pantai Mawun tidak sepopuler pantai-pantai lain di Pulau Lombok, fasilitas yang ada sudah cukup memadai. Untuk menunjang aktivitas wisatawan, telah tersedia sejumlah gazebo untuk berteduh sambil menikmati panorama. Juga, telah disediakan kursi pantai untuk bersantai.

Untuk konsumsi, terdapat banyak penjual makanan dan minuman di sekitar pantai. Ada beberapa restoran atau tempat makan yang menyajikan kuliner khas laut. Wisata ke Pantai Mawun, jangan lupa menikmati segarnya kelapa muda. Termasuk juga buah nanas yang biasa ditawarkan penjual buah di pantai ini.

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp. 10.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Mawun Lombok
@jalanjalanlombokk

Lokasi & Rute Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun berlokasi di Desa Tumpak, Kecamatan Pujuk, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Pantai ini berada di antara dua pantai terkenal di Lombok, yakni Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Selong Belanak. Meski demikian, akses jalannya cukup sulit sehingga tidak ramai dikunjungi.

Dari Kota Mataram, jaraknya sekitar 60 km dengan durasi perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam. Anda bisa menggunakan rute melalui Pantai Kuta maupun Pantai Selong Belanak. Jarak lebih singkat jika Anda sebelumnya berangkat dari Bandara Internasional Lombok, sekitar 25 km.

  • Rute Kuta Mandalika: Dari Kota Mataram, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Cakranegara untuk kemudian lanjut ke Kediri dan Praya. Ambil arah ke Batunyale, terus ke Sengkol dan Rambitan. Lanjut ke arah Sade dan menuju Jl. Kuta Lombok, belok ke kanan ke Jl. Mawun hingga tiba di lokasi.
  • Rute Selong Belanak: Dari Mataram menuju Cakranegara, lanjut ke Kediri hingga tiba di daerah Praya. Lanjutkan perjalanan sampai di Penujak, kemudian Selong Belanak dan berakhir di Mawun. Akses jalan tidak terlalu bagus di sekitar 9 kilometer terakhir sebelum sampai di lokasi pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *