Pantai Melasti Ungasan, Bali – Pantai Menawan Dengan Tebing Menjulang

Menempati kawasan antara Jimbaran dan Uluwatu yang terkenal, Ungasan merupakan desa pesisir Bali dengan lanskap alam mempesona. Banyak pantai indah di sekitarnya. Selain Pantai Karma Kandara yang elok tersembunyi, ada juga Pantai Melasti Ungasan yang menawarkan “indah” dengan kekhasan tersendiri.

Melasti” merupakan ritual penyucian bagi masyarakat Bali dalam menyambut hari raya Nyepi. Upacara ini, salah satunya dirupakan dengan pergi ke pantai dan membuang segala yang buruk pada masa lalu ke laut. Pantai ini dinamakan “Melasti” karena di sinilah masyarakat setempat melakukan upacara tersebut.

Sebenarnya ada dua pantai “Melasti” di Bali, satunya dekat Tanah Lot Tabanan. Untuk membedakannya, pantai di Ungasan sering disebut juga “Pantai Melasti Ungasan” atau “Melasti Beach Ungasan“. Jika tertarik mengunjunginya, silahkan menuju ke Jl. Melasti Ungasan, Desa Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Badung, Bali.

Melasti Beach Ungasan Bali
credit: unsplash/@oktomi_jaya

Daya Tarik Pantai Melasti Bali

Melasti Beach termasuk pantai paling selatan Pulau Bali. Sama halnya dengan Pantai Pandawa Bali, eksotika pantai ini terutama menonjol melalui dominasi tebing megah dan indah. Sementara itu, pasirnya yang putih terhampar landai dan bersih. Bahkan, merupakan salah satu pantai terbersih Pulau Dewata, Bali.

Panorama Menawan dari Atas Ketinggian

Jajaran tebing Pantai Melasti menjulang setinggi 100-150 meter tampak megah dalam balutan rindang pepohonan. Akses jalan menuju pantai yang mengikuti alur tebing kapur memberi panorama tersendiri. Gradasi lautnya menawan dari atas ketinggian, dan ini adalah menu pembuka bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Daya tarik utama sekaligus yang menjadi tempat strategis melihat keindahan memang berada di sepanjang jalan menuju pantai. Jalannya mengular dan berliku sehingga memberi banyak sudut pandang keindahan. Cocok untuk berswafoto atau selfie, bahkan juga bagus bagi mereka yang suka landscape photography.

Spot Ideal Untuk Snorkeling dan Berenang

Melasti Beach Ungasan Bali menawarkan gelombang laut yang cukup tenang. Cocok untuk sebuah wisata keluarga yang melibatkan anak-anak tercinta. Bermain air atau berenang merupakan salah satu aktivitas favorit. Selain ombak yang bersahabat, perairan dangkal pantai ini cukup luas dengan air yang jernih.

Perairan dangkal dan air laut yang jernih juga memungkinkan wisatawan untuk melakukan snorkeling. Tentu, ini bukan spot snorkeling terbaik Bali seperti halnya Pantai Amed Karangasem. Namun, keindahan bawah laut Pantai Melasti Ungasan cukup memperkaya kegiatan para pengunjung yang datang ke pantai ini.

Pemandangan Sunsetnya Pun Memanjakan

Selain berenang dan snorkeling, wisatawan juga bisa melakukan banyak hal. Mungkin, bersantai menikmati suasana dan pemandangan yang ada. Telah tersedia sejumlah kursi berjemur lengkap dengan payung. Selain itu, bisa juga melebar menyusuri pesisir pantai agar puas menikmati setiap sudut keindahan alamnya.

Yang pasti, adalah ide bagus jika Anda bertahan hingga menjelang senja. Nikmatilah momen matahari terbenam. Namun, karena pantai menghadap ke selatan, sunset hanya benar-benar indah jika posisi matahari condong ke arah selatan. Meski demikian, sunset Pantai Melasti tetap memberi warna tersendiri.

Pantai Melasti Beach Bali
credit: unsplash/@bayuast

Fasilitas Wisata & Akomodasi

Pantai Melasti Ungasan terbilang sebagai pantai baru jika berdasarkan pada sarana prasarana atau fasilitas wisata yang tersedia. Masih dalam proses pengembangan. Namun, akses jalannya sudah bagus dan beraspal mulus, serta memungkinkan kendaraan roda empat atau lebih untuk turun mendekati pantainya.

Untuk konsumsi, telah tersedia beberapa warung penjual makanan dan minuman. Toilet, tempat bilas dan ruang ganti juga tersedia. Serta, sejumlah kursi berjemur dan payung. Selain itu, rencananya akan ada penambahan fasilitas penunjang aktivitas berupa wahana watersport, seperti banana boat dan jetsky.

Sementara itu untuk akomodasi, Desa Ungasan memiliki cukup banyak koleksi penginapan, hotel, resor atau villa. Ada juga yang berjarak dekat dengan pantainya. Tarifnya tentu bervariasi. Jika menghendakinya, Anda juga bisa melihat daftar penginapan dan hotel sekitar Ungasan Bali melalui tombol berikut:

Tiket Masuk Pantai Melasti Ungasan

KeteranganHarga
Tiket MasukDewasaRp10.000
Anak-anakGratis
ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000
Note: harga tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu
Melasti Beach Ungasan Bali
credit: unsplash/@yoab_anderson

Rute Lokasi Melasti Beach Bali

Pantai ini berjarak kurang lebih 25 km atau 40 menit berkendara dari Denpasar. Atau, sekitar 17 km (30 menit) dari Bandara Ngurah Rai. Mudah mencapainya karena akses jalan bagus, baik naik sepeda motor maupun mobil. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa juga memanfaatkan Peta Lokasi Pantai Melasti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *