Pantai Pandawa Bali – Keindahan Tersembunyi di Antara Dua Tebing Tinggi

Pantai Pandawa. Bali yang cantik tidak lagi mampu menyembunyikan keindahannya. Karena popularitasnya mendunia, sebagian besar sudut alamnya pun diketahui. Tidak terkecuali pantai-pantai indah Bali yang dulunya tersembunyi.

Pantai Kutuh atau yang kini lebih dikenal sebagai Pantai Pandawa adalah salah satunya. “The Secret Beach” sempat menjadi julukan yang disematkan para bule ke pantai ini. Mungkin karena lokasinya yang berada di sekitar Kuta sehingga mudah diketahui.

Jadi, jika punya rencana liburan ke Bali dan menjadikan kawasan Kuta sebagai destinasi, jangan lupa singgah ke pantai ini. Lokasinya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Rute dan Peta Lokasinya di Sini.

Pandawa Beach Bali
sumber: macanbalitour.com

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali menghadirkan keindahan yang khas terutama melalui tebing-tebing tinggi sebagai pintu masuknya. Akses jalan berliku yang seolah membelah tebing nan kokoh sangat eksotik sebelum akhirnya terlihat bentangan biru lautnya.

Disebut “Secret Beach” karena pantai ini tertutupi oleh dua tebing besar. Di satu sisi tebing dipahat patung Pandawa dan Kunti. Dari posisi tertinggi, secara berurutan ada patung Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Sebelum akses jalannya dibuka untuk umum pada tahun 2012, Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali yang keberadaannya belum banyak diketahui. Kini pantai ini harus rela menampung banyak wisatawan di setiap harinya.

Tebing yang tinggi dan kokoh hanyalah menu pembuka. Di area pantainya telah terhampar luas pasir putih bersih yang memanjakan. Kontur pesisirnya cenderung landai menjadi tempat ideal untuk bersantai menikmati indah lanskap pantainya

Gelombang ombak yang datang pun tenang sehingga di kejernihan airnya pengunjung bisa bermain air atau berenang. Selain itu, aktivitas menarik lain di perairannya adalah bermain kano. Anda perlu mencobanya untuk memaksimalkan wisata.

Bagi penggemar fotografi, pantai ini memiliki banyak sudut yang indah. Tidak sedikit pasangan yang melangsungkan foto prewedding mereka di sini. Selebihnya, ada juga wahana paralayang dari Bukit Timbis yang pendaratannya di pantai ini.

Pantai Pandawa
sumber : baligetaway.co.id

Fasilitas Wisata Pantai Pandawa

Seiring dengan banyaknya kunjungan, fasilitas di Pantai Pandawa pun semakin memadai. Di atas telah disebutkan bahwa di pantai ini ada fasilitas penunjang aktivitas. Ada penyewaan kano, kursi pantai, paralayang, hingga jasa pijat.

Fasilitas umum lain mencakup rumah makan, area parkir yang luas, serta beberapa kamar mandi atau toilet. Di sekitar lokasi pantai juga banyak kios oleh-oleh khas Bali, seperti pakaian, aksesoris, dan produk kerajinan khas Bali lainnya.

Wisata Pantai Pandawa
sumber: @yoedibackpacker

Harga Tiket Masuk & Biaya Lain

Keterangan Harga
Wisatawan Domestik Rp. 8.000
Turis Mancanegara Rp. 15.000
Parkir Roda 2 Rp. 2.000
Parkir Roda 4 Rp. 5.000
Kursi Pantai Rp. 50.000
Kano Double Rp. 50.000/jam
Kano Single Rp. 25.000/jam
Pijat Pantai Rp. 40.000-130.000
Paralayang ± Rp. 400.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *