Pantai Petitenget Bali – Antara Sunset Indah, Selancar dan Pura Bersejarah

Kawasan Kuta Bali memiliki garis pantai panjang yang terbagi menjadi beberapa ruas sesuai dengan nama areanya. Selain Pantai Kuta dan Pantai Legian, garis pantai ini juga mencakup beberapa ruas pantai di Seminyak. Pantai Petitenget salah satunya dan Anda perlu mengunjunginya.

Meski dalam banyak hal memiliki kesamaan dengan pantai Kuta lainnya, Petitenget tetap memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya pantai yang indah, Petitenget juga merupakan nama kompleks pura sakral yang terletak dekat pantainya. Pesonanya memadukan keindahan alam dan religiusitas Bali.

Pantai Petitenget masuk wilayah Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, Bali. Namun, karena berbatasan dan terhubung dengan kawasan wisata Seminyak yang terkenal, Petitenget kerap masuk dalam Daftar Wisata Seminyak. Tertarik mengunjunginya? tuntaskan membaca untuk memperkaya informasi.

Pantai Petitenget Seminyak
credit: flickr/surveying/CC BY 2.0

Sejarah & Mitos Pura Petitenget

Istilah Petitenget berarti peti yang angker. Nama tersebut berasal dari pecanangan Dang Hyang Dwijendra atau Dang Hyang Nirartha, seorang pencipta arsitektur padmasana kuil-kuil Hindu Bali, termasuk Pura Tanah Lot. Pura Petitenget berawal dari pertemuan resi tersebut dan Bhatara Masceti dengan Ki Buto Ijo.

Dang Hyang Nirartha bermaksud moksa di hutan yang dikuasai oleh Buto Ijo. Resi tersebut pun menitipkan semua perlengkapan atau barang bawaan kepada makhluk raksasa tersebut, termasuk pecanangan (tempat sirih) yang bentuknya mirip peti. Oleh Buto Ijo, peti pecanangan Dang Hyang Nirartha dikeramatkan.

Namun, keinginan itu tak mendapat restu Bhatara Masceti yang lebih menyarankannya pergi ke Pura Uluwatu. Setelah kepergian Dang Hyang Nirartha ke Uluwatu, ada kejadian aneh di hutan Buto Ijo. Seseorang mengalami sakit setelah mencari kayu bakar di sana. Penyakitnya menular ke seluruh warga dan tak bisa disembuhkan.

Singkat cerita, panglingsir Desa Kerobokan pergi ke Uluwatu untuk meminta petunjuk. Dang Hyang Nirartha menyarankannya membuat tempat pemujaan dekat hutan untuk Buto Ijo sebagai astananya. Setelah dibuatkan sebuah pura, gerubug (wabah penyakit) pun menghilang. Pura Petitenget namanya.

Terdapat tiga pura dalam lingkungan Pura Petitenget. Yang pertama adalah Pura Masceti sebagai penyawangan Bhatara Masceti, selanjutnya ada Pelinggih Buto Ijo di madya mandala pura. Dan, Pura penyawangan Dang Hyang Nirartha yang menempati jeroan pura. Setiap enam bulan diadakan piodalan di Petitenget.

Masceti Temple
credit: @amandalee505

Daya Tarik Pantai Petitenget Bali

Petitenget Beach merupakan pantai indah. Karakteristik pantainya kurang lebih sama dengan jajaran pantai di sepanjang garis pesisir Kuta yang terkenal. Pasir pantainya luas, landai dan panjang, sementara gelombang ombaknya besar dan indah. Suasananya lebih sepi namun menawarkan banyak sekali aktivitas.

Salah Satu Spot Selancar Terkenal Bali

Ombak adalah daya tarik utama Pantai Petitenget Bali. Gelombang ombaknya cenderung besar dan tinggi sepanjang waktu, sehingga menjadi spot surfer populer Bali. Jika suka selancar, ini adalah pantai wajib dikunjungi di Bali. Sekedar melihat keseruan surfer mancanegara juga merupakan ide yang sempurna.

Indahnya Sunrise Pantai Petitenget Bali

Berada satu garis dengan Pantai Kuta Bali, pantai ini juga menghadap ke barat daya dan memiliki lanskap matahari terbenam yang menawan. Bahkan, sunset Pantai Petitenget Seminyak terlihat lebih indah karena matahari terlihat lebih besar. Sehingga, waktu terbaik mengunjunginya adalah ketika sore hari.

Sambil menunggu sunset, Anda bisa melakukan banyak hal. Kebanyakan wisatawan menikmati suasana pantai dengan bersantai, ada juga yang berjalan-jalan menyusuri pantai. Atau, bisa juga mencoba serunya atraksi menunggangi kuda. Jika ingin berenang, saran terbaik adalah ketika air sedang surut.

Pantai Petitenget Bali
credit: unsplash/@oktomi_jaya

Fasilitas Akomodasi Pantai Petitenget

Pantai ini menempati kawasan wisata paling populer Bali, yakni Seminyak, salah satu pusat gaya hidup Pulau Dewata. Berbagai fasilitas wisata tersedia di sekitarnya. Di tepi pantai berjajar tempat makan dan klub pantai terkenal di Bali. Potato Head Beach Club adalah yang terdekat, ada juga Ku De Ta dan WooBar.

Demikian juga dengan akomodasi. Berbagai penginapan, hotel dan resor bisa Anda temukan dengan mudah dan bisa disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan menginap Anda. Untuk hotel murah, lihat daftarnya di sini. Jika ingin menginap di hotel yang lebih mewah dengan fasilitas lengkap, lihat daftarnya di sini.

Petitenget Beach Bali
credit: unsplash/@oktomi_jaya

Lokasi Petitenget Beach Seminyak

Pantai Petitenget beralamatkan di Jalan Petitenget, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Kurang lebih 5 km jaraknya dari Pantai Kuta. Pantai ini berada di dekat kawasan wisata Seminyak yang semarak, sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Lihat Peta Lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *