Pantai Pink, Lombok – Pantai Molek Menarik Dengan Hamparan Pasir Unik

Pantai Pink Lombok. Pulau Lombok merupakan destinasi wisata Indonesia yang diharapkan senantiasa menjadi surga di mata dunia. Rumah bagi Suku Sasak yang sedang dipersolek, terutama di Lombok Tengah, di Kawasan Wisata Mandalika.

Pantai di Mandalika memang nyata kecantikannya. Namun, Lombok terlanjur menakjubkan di sekujur bagian. Termasuk juga di Lombok Timur, selain Tanjung Blaom ada juga Pantai Pink yang menawan. Ini adalah Pantai Tangsi yang kemudian karena fenomena alam lebih dikenal sebagai Pink Beach di mata wisatawan.

Tertarik menjelajahi wisata di Lombok Timur? pastikan saja untuk mengunjungi Pantai Pink Lombok. Secara administratif pantai ini berada di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Artikel ini bisa dikatakan sebagai menu pembuka yang mengajak Anda lebih dekat mengenalnya.

Pantai Tangsi Lombok
sumber: @pantaipinklombok

Daya Tarik Wisata Pantai Pink

Secara luas, Pantai Pink Lombok bukanlah tentang satu pantai melainkan beberapa pantai berbeda yang berada di satu desa yang sama. Ada yang menyebut Pantai Pink I dan Pantai Pink II. Keduanya sama-sama memiliki hamparan pasir berwarna merah muda, namun dengan citarasa pemandangan alam yang berbeda.

Tahukah Anda? Pantai Pink di Lombok disebut sebagai salah satu dari 7 pantai berpasir pink di Dunia. Atau, satu di antara dua yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, sebenarnya di Indonesia tidak hanya dua pantai yang berpasir pink. Setidaknya ada 4 pantai yang semuanya berada di Kepulauan Nusa Tenggara, di NTB dan NTT.

Sebenarnya Pantai Pink Lombok memiliki butir-butir pasir yang sama dengan pantai berpasir putih lainnya. Hanya saja, pasir di pantai ini bercampur dengan serpihan karang merah yang mati sehingga menawarkan nuansa merah muda di pasirnya. Pasir merah muda semakin kentara jika Anda naik ke atas bukit di sebelah kirinya.

Keindahan seperti itu bisa dinikmati di Pantai Tangsi, sebagai Pantai Pink Lombok yang dijadikan objek wisata pertama kali. Ada juga Pantai Pink II yang menawarkan bentangan pasir yang cenderung lebih lembut. Tidak ada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai ini, yang ada hanyalah lembah hijau terbentang diapit perbukitan.

Selain Pantai Pink tersebut, Ada juga Pantai Semangkoq di sisi kanan Pantai Pink II. Pantai dengan eksotika karang ini adalah destinasi ideal para pemancing ikan. Bagi yang suka snorkeling, bisa berperahu ke Gili Petelu, yakni 3 pulau kecil yang saling terhubung atau bisa juga ke Pulau Pasir yang hanya muncul ketika air surut.

Pantai Pink Lombok
sumber: ekalomboktour.com

Fasilitas di Pantai Pink Lombok

Meski belum bisa dibilang memadai, ada beberapa fasilitas wisata di Pantai Pink. Khususnya di Pantai Tangsi atau Pantai Pink I, pantai satu-satunya yang berpenghuni dan yang bisa ditempuh melalui jalur darat. Di sekitar pantai ini telah ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Semua destinasi di sekitar Pantai Pink Lombok yang disebutkan, bisa dikunjungi jika Anda memilih jalur laut melalui Tanjung Luar. Sobat bisa memanfaatkan Jasa Paket Wisata Lombok yang sudah banyak tersedia. Jika ingin berpetualang secara mandiri, perlu menyewa boat pribadi untuk bisa menikmati semuanya.

Pink Beach Lombok
sumber: @pantaipinklombok

Tiket & Rute Pantai Pink Lombok

Pink Beach Lombok berlokasi di Desa Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kurang lebih 80 km atau sekitar 2 jam berkendara dari Kota Mataram melalui Praya di Kabupaten Lombok Tengah. Ketika sampai di daerah Praya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak.

Akses Jalan Raya Keruak bagus. Ikuti terus jalan tersebut untuk kemudian belok ke kanan menuju Jl. TGH Moh. Mutawalli dengan kondisi jalan yang masih bagus. Jalan tidak lagi beraspal dengan beberapa lubang bisa Anda dapati 4-5 km sebelum sampai di lokasi, di gerbang pembayaran tiket masuk.

Anda juga bisa menggunakan rute melalui jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Luar. Jaraknya kira-kira 60 km dari Mataram atau 1,5 jam berkendara. Di Tanjung Luar, ada opsi private boat (pulang-pergi) dan public boat (sekali jalan). Berikut rincian biaya wisata Pantai Pink Lombok beserta peta lokasinya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Pantai Pink± IDR 5K
Tarif Public Boat± IDR 30K – IDR 40K / org
Sewa Private Boat± IDR 800K – IDR 900K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 0 / 5. Jumlah penilai: 0

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *