Pantai Sanur – Area Resort Tertua di Bali, Indah dan Nyaman Suasananya

Pantai Sanur. Wisata Pantai Kuta memang tetap merupakan andalan pariwisata Bali. Namun, Denpasar sebagai ibu kota Bali punya Pantai Sanur yang juga primadona dan bahkan mungkin lebih tua. Popularitasnya pun mendunia, lanskap alamnya yang molek sering diabadikan fotografer dunia.

Meski sama-sama menonjolkan wisata pantainya, Sanur dan Kuta cenderung berbeda. Jika Pantai di Kuta dijuluki Sunset Beach, Pantai di Sanur dijuluki Sunrise Beach. Suasana pantainya pun bertolak-belakang. Sanur lebih melow dan nyaman, lebih ideal bagi wisatawan yang menghendaki nuansa kedamaian.

Jadi, tetaplah merencanakan liburan ke Bali dan kunjungi pantai-pantai indahnya. Jika lebih suka pada ketenangan, selain Kawasan Wisata Nusa Dua, memilih Kawasan Wisata Sanur adalah ide yang sempurna. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di Denpasar, di sisi timur kota terbesar di Bali tersebut.

Kawasan Wisata Sanur di Bali
sumber: @rakaontrip

Sejarah Kawasan Wisata Sanur Bali

Keindahan Pantai Sanur diketahui dunia sejak tahun 1937. Tersebutlah Adrien-Jean Le Mayeur yang memperkenalkannya melalui lukisan yang menggambarkan indahnya pemandangan Sanur. Ia adalah seniman Belgia yang menetap di Bali dan menikahi seorang penari Legong, Ni Nyoman Pollok di tahun 1935. Museum Le Mayeur di Sanur adalah peninggalan keduanya.

Sebelum era 60-an, Sanur bukanlah kawasan wisata. Pantainya masih disakralkan masyarakat sebagai tempat melarung. Bung Karno (Ir. Soekarno), Presiden Pertama RI, yang mengetahui potensi wisata Sanur dan kemudian membangun Bali Beach Hotel. Lokasinya cukup dekat dengan kediaman Le Mayeur dan Ni Pollok yang memang bersahabat baik dengan Bung Karno.

Sayangnya, hotel bintang lima pertama di Bali tersebut baru diresmikan 1966, saat Bung Karno ditahan di Wisma Yaso, Jakarta. Peresmiannya pun dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono IX sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Selain sebagai yang pertama, hotel yang kini bernama Inna Grand Bali Beach ini adalah yang terluas dan tertinggi di Bali.


Daya Tarik Pariwisata Sanur Bali

Wisata Sanur sangatlah indah. Pesonanya pun telah dilukiskan oleh Le Mayeur, Bung Karno pun memilih Sanur sebagai tempat dirikannya resor pertama di Bali. Pesisirnya yang berpasir putih membentang sejauh 8 km dari utara ke selatan. Lokasinya menghadap ke timur, di sepanjang garis pantainya wisatawan bisa melihat sunrise terbaik di Pulau Dewata.

Istilah “Pantai Sanur Bali” tidaklah merujuk pada satu pantai saja. Pesisirnya yang panjang terbagi menjadi 7 ruas pantai yang masing-masing menawarkan kemolekan tersendiri. 7 pantai di Sanur di antaranya; Pantai Merta Sari, Pantai Semawang, Pantai Batu Jimbar, Pantai Karang, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, dan Pantai Matahari Terbit.

Pantai yang terakhir, Pantai Matahari Terbit atau Sunrise Beach menjadi spot utama karena di pantai inilah matahari terbit di Sanur demikian mempesona. Lautnya yang berombak tenang mengukuhkan nuansa kenyamanan dan ketenangan. Semua yang ditawarkan Sanur sangat kontras dengan pantai-pantai di wilayah Kuta, Jimbaran, apalagi di Seminyak.

Pantai Sanur Beach Bali
sumber: @pesonaid_travel

Aktivitas Menarik di Pantai Sanur

Pantai-pantai di Sanur cocok bagi wisata keluarga yang melibatkan anak-anak di dalamnya. Di perairan dangkalnya yang jernih dan tenang, wisatawan dari segala usia bisa bermain air atau berenang. Bermain kano juga menarik. Mendayung kano merupakan aktivitas populer di sini, Anda perlu mencobanya. Peralatannya pun tersedia, 20 ribuan sewanya.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba serunya Sea Walker. Hanya saja, biayanya sekitar 700 ribuan. Selain itu, Sanur juga ideal bagi mereka yang suka aktivitas snorkeling dan diving. Tidak jauh dari perairannya, ada spot diving yang ramah bagi semua jenis tingkat keahlian. Jika ingin snorkeling di pantainya, umumnya hanya pasir tanpa karang.

Pantai Sanur memiliki bentangan pasir yang panjang. Sehingga banyak juga kegiatan di pasir pantainya. Bersantai dengan berjemur atau bisa juga menyusuri pantainya. Karena ini Sunrise Beach, pastikan saja memulai aktivitas di pagi hari. Sekedar berolahraga pagi dengan berjalan kaki atau bersepeda. Sewa sepeda biayanya sekitar 20 ribuan.


Fasilitas di Kawasan Wisata Sanur

Sanur adalah area resor kelas atas Bali. Fasilitasnya sangat memadai dan beragam, termasuk juga akomodasinya. Selain Bali Beach Hotel yang mengawali sejarah pariwisatanya, banyak juga hotel dan jenis penginapan lain di sekitarnya. Villa, bungalow, homestay dan lain sebagainya. Harganya mulai 200 ribuan hingga 3 jutaan.

Fasilitas lain meliputi aneka restoran, mini market, bar, kafe, art shop, money charger dan masih banyak lagi. Di sepanjang pantainya telah disediakan semacam area pedestrian melewati Pantai Shindu, Pantai Karang hingga Pantai Semawang. Dilengkapi kursi-kursi serta pondokan-pondokan kecil untuk bersantai.


Harga Tiket Masuk Pantai di Sanur

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp. 2.000
Parkir Roda 4Rp. 5.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Sanur
sumber : kompasiana.com

Peta Lokasi dan Rute ke Sanur Bali

Karena terletak di Denpasar, sangat mudah menemukan Pantai Sanur. Jika memulai dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, perlu menempuh setidaknya 15 kilometer atau sekitar 25 menit berkendara melalui Mandara Toll Road dan Jl Bay Pass Ngurah Rai. Pantai ini berada di timur Kota Denpasar. Manfaatkan peta berikut untuk mempermudah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *