Pantai Srau Pacitan – Pantai nan Menawan dengan 3 Pilihan Spot Keindahan

Pantai Srau. Banyak pantai di Pacitan, jika sobat punya rencana wisata ke kabupaten di Jawa Timur tersebut. Mungkin, mencoba memulai dengan mengunjungi pantai-pantai terdekat. Pantai Teleng Ria misalnya, yang berjarak sekitar 6 km dari pusat kota.

Ide menarik lainnya adalah berpetualang ke Pantai Srau Pacitan. Lebih jauh ke selatan, kurang lebih 23 km atau sekira 45 menit perjalanan berkendara. Pantai ini berada cukup dekat dengan Pantai Kasap dan wisata susur sungai Kali Cokel yang berada di kawasan Pantai Watu Karung.

Tertarik mengunjunginya? tentu! banyak hal yang harus dipersiapkan, khususnya informasi yang sedetail mungkin akan disajikan dalam artikel ini. Jadi, lanjutkan membacanya. Temukan sebanyak mungkin informasi, sebelum benar-benar pergi dan takjub pada pesona indah pantainya.

Pantai Srau Pacitan
sumber: @ubeth_pratama

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

1, 2 dan 3 adalah merujuk pada pembagian kawasan pantai ini. Jadi, Pantai Srau bukan hanya tentang satu pantai, namun 3 ruas pantai yang masing-masing hadir dengan citarasa alam yang berbeda. Mengunjunginya, sudah semestinya sobat puas dimanja oleh ketiga pantai yang ada.

Pantai pertama, menjadi titik awal sobat memasuki kawasan pantai ini. Terserah bagaimana Anda mengatur keberangkatan, yang pasti karena lokasinya menghadap ke timur, pantai pertama adalah tempat ideal untuk menikmati keindahan awal pagi. Nikmati sunrise terbaik di ruas pantai ini.

Seiring hari beranjak terang, akan terlihat landai pasir putih terhampar memanjang. Tidak ada yang membatasinya, kecuali gundukan bukit karang berselimut hijau di kedua sisinya. Karena ada pulau karang di lepas pantainya, alunan ombak di ruas pantai ini pun cukup bersahabat.

Ruas Pantai Srau kedua berada di tengah, berhadapan langsung dengan luasnya Samudera Hindia dengan beberapa pulau karang di lepas pantainya. Karakteristik ombak besar pantai selatan demikian kentara. Ruas pantai ini bisa dibilang yang terluas dan kaya bebatuan karang.

Di pantai kedua, ada satu sudut pantai bernama Pantai Wayang. Ciri khasnya adalah keberadaan karang berlubang yang sejauh ini dijadikan lokasi favorit untuk berswafoto, selfie. Hanya saja, usahakan untuk tidak bermain air di cekungan karang tersebut, arus baliknya cukup kuat.

Ruas pantai yang ketiga menghadap ke arah barat dan menawarkan lanskap menawan, khususnya ketika senja menjelang. Sunset di pantai ini terlihat mengagumkan. Karakter ombak yang dihadirkan juga cenderung besar. Dan, yang menarik di sisi barat juga terdapat sumber air yang konon angker.

Area yang luas dengan berbagai sudut pandang keindahan, memungkinkan banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Srau. Anda bisa bermain air di sisi timur, atau ketika air sedang surut. Menyusuri pasir pantainya atau naik ke perbukitan dan nikmati keindahan dari atas ketinggian.

Bersantai di pinggir pantai sudah menjadi semacam tradisi wisatawan yang datang ke pantai ini. Anda juga bisa melakukannya, ada sejumlah gazebo yang tersedia. Aktivitas menarik lainnya adalah memancing, atau bisa juga jika ingin menginap dengan berkemah mendirikan tenda.

Srau Beach Pacitan
sumber: @adityaahartanto

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Meski mungkin tak selengkap fasilitas yang tersedia di Pantai Watukarung, Pantai Srau Pacitan juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Selain lahan parkir yang luas, ada sejumlah warung makanan dan minuman di sana. Fasilitas lain meliputi musholla, gazebo dan toilet.

Di ruas pantai yang ketiga di sisi barat, juga dilengkapi dengan semacam anjungan. Di anjungan tersebut yang sejauh ini menjadi lokasi terbaik menikmati pemandangan laut, khususnya ketika sunset tiba. Jika ingin berkemah, tersedia lahan luas untuk menampung banyak tenda.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Biaya ParkirRp 5.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Srau
sumber: @riefkytaufan

Rute ke Pantai Srau di Pacitan

Pantai Srau berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan jaraknya kurang lebih 23 km atau 45 menit berkendara. Rutenya, sobat bisa menuju ke selatan melalui Jl. Nasional III, belok ke kiri hingga tiba di Jl. WR. Supratman.

Ikuti Jl. WR. Supratman, ke arah barat menuju Jl. Raya Tompak Rinjing. Ikuti jalan tersebut untuk kemudian belok ke kiri ke Jl. Dadapan Watukarung. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan secara keseluruhan sudah cukup bagus, namun berliku, banyak tikungan. Lihat Peta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *