Pantai Tawang Pacitan – Teluk nan Menawan dengan Jajaran Perahu Nelayan

Pantai Tawang. Bagi pecinta pantai, Pacitan selalu siap tersedia. Tidak hanya di sisi barat, namun juga tersebar di sisi timurnya. Jadi, jika ingin menjelajahi pantai di Jawa Timur, selain ke Pantai di Malang, pertimbangkan juga berkunjung ke pantai di Pacitan.

Di sebelah timur Pacitan, sobat bisa mencoba ke Pantai Soge yang bisa dinikmati langsung dari Jalur Lintas Selatan. Atau, bagaimana kalau ke Pantai Tawang? Menariknya, di Pacitan ada dua pantai bernama Tawang. Namun yang dibahas di sini adalah Pantai Tawang Teluk Segara Anakan.

Pantai ini berada di sisi timur Pantai Soge Pacitan. Secara administratif berada di Dusun Sumurtimo, Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur. Ketika sampai di artikel ini, penulis berasumsi sobat memang ingin mengunjunginya. Lanjutkan membaca untuk mendapat informasi selengkapnya.

Pantai Tawang Sidomulyo
sumber: @okky_kurniawan69

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Oleh karena kondisi geografisnya, masing-masing pantai hadir dengan karakteristik tersendiri. Termasuk juga dalam segi fungsionalitas, ada pantai yang murni dijadikan objek wisata. Sebagian masih tersembunyi, sementara sebagian lainnya menjadi tempat para nelayan menjalani rutinitas mereka.

Pantai Tawang atau Pantai Segara Anakan, atau disebut juga Tawang Segara Anakan merupakan pantai yang lebih menonjolkan aktivitas para nelayan. Hal ini terlihat melalui jajaran perahu tradisional mereka. Jumlahnya tidak hanya puluhan, namun ada ratusan perahu yang berbaris rapi dan memanjang.

Dominasi perahu-perahu di perairan dangkalnya menghadirkan citra keindahan tersendiri. Melengkapi lanskap alam yang memang sejak semula sudah indah. Perbukitan yang hijau terlihat menyisakan hamparan pasir putih di beberapa bagiannya. Gradasi biru lautnya pun demikian kentara.

Karena berada di Teluk Segoro Anakan, pantai ini terlindung oleh daratan yang mengelilinginya. Alhasil, gelombang ombak yang datang tidak segarang umumnya pantai di laut selatan. Mengalun tenang seirama dengan keseluruhan bagian yang membangun panorama pantai. Nuansa damai pun tercipta.

Sebagai traveler petualang, Anda perlu sejauh mungkin melebar. Jelajahi setiap sudutnya, terutama naik ke perbukitan di sisi kanan dan lihatlah betapa pantai ini lebih indah dari ketinggian. Meski perlu hati-hati, perbukitan itu bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika ingin bermain air atau berenang, cobalah ke sisi kiri pantai ini. Temukanlah bagian pantai yang cukup jauh dari lokasi perahu bersandar. Bisa juga bersantai, menikmati pantai sambil membakar ikan. Pantai ini juga termasuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI), mudah mendapatkan ikan murah.

Tawang Beach Pacitan
sumber: @bugar_ashari

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai yang menjadi sandaran perahu-perahu nelayan. Tentu, setidaknya di sini telah ada fasilitas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain TPI, di Pantai Tawang Segara Anakan juga ada beberapa warung. Sebenarnya ada juga pos retribusi, namun sering tidak dijaga. Jadi, gratis tiket masuknya.

Pantai Tawang Pacitan
sumber: @benitrisetiawan

Rute Pantai Tawang Pacitan

Pantai Tawang berada di Dusun Sumurtimo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kurang lebih 35 km dari Pacitan dengan durasi tempuh 1 jam berkendara. Rute ke pantai ini cukup mudah, ikuti saja rute ke Pantai Soge yang hanya berjarak 3,5 km di sisi barat pantai ini.

Dari Pacitan lanjutkan perjalanan ke arah Pasar Arjowinangun, belok kanan dan ikuti arah ke Pasar Kebonagung. Lanjut saja terus di Jalur Lintas Selatan. Ketika sampai di sekitar Pantai Soge, terus saja ke timur. Lokasi pantainya sudah sangat dekat dengan perbatasan Pacitan-Trenggalek. Lihat peta, di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *