Pantai Tikus Bangka – Alam Bahari Yang Mempesona di Sungailiat Bangka

Kepulauan Bangka Belitung merupakan citra surga bagi pecinta wisata alam bahari. Beragam pantai menawan tersebar di dua pulau utamanya, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Sebelumnya telah dituliskan beberapa Pantai di Belinyu Bangka. Masih di Pulau Bangka, ada juga Pantai Tikus yang mempesona.

Sebagaimana pantai lain di Kepulauan Bangka Belitung, Pantai Tikus Bangka merupakan pantai yang indah dengan gradasi bentangan biru laut yang cenderung muda. Pasir pantainya putih bersih. Dan, tidak ketinggalan ciri khas pantai di Bangka Belitung adalah komposisi batuan granit beraneka bentuk dan ukuran.

Kini, bertambah satu lagi referensi wisata pantai di Bangka yang wajib Anda kunjungi. Jika berminat ke pantai ini, Anda bisa meluncur ke Desa Rebo, Kelurahan Kenangan, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya sekitar 12 km dari pusat kota Sungai Liat, ibukota Kabupaten Bangka.

One Fine Day in Pantai Tikus, Bangka
credit: flickr/ Naskar Hans

Daya Tarik Pantai Tikus Bangka

Berbicara mengenai Pantai Tikus di Sungailiat, kita akan membahas setidaknya 2 pantai bernama sama. Satunya lagi bernama Pantai Tikus Emas. Keduanya masih satu wilayah dan sama-sama indah. Pantai ini panjang dan oleh masyarakat setempat diberi nama berbeda sebagai penanda setiap bagian pantainya.

Selain dominasi bebatuan granit yang membentuk keindahan komposisi alam, kontur pesisirnya juga membentuk seperti bukit. Di atas bukit itulah kita bisa melihat sebuah kuil yang megah dengan tatanan halaman yang baik berbenteng pagar putih bersih. Di sekitarnya terdapat area rerumputan yang hijau.

Puri Tri Agung namanya. Keberadaan tempat peribadatan inilah yang menginspirasi lahirnya nama Pantai Tikus Pagoda, juga sebagai penanda. Di halaman kuil yang bersih dan rapi, kita bisa melihat pemandangan laut yang demikian menggoda. Gradasi biru muda menandakan luasnya perairan dangkal di pantai ini.

Tentu, tidak akan sempurna jika Anda tidak mencoba lebih dekat dengan air. Gelombang airnya yang tenang cukup aman untuk bermain air atau berenang. Naiki tatanan batu-batu dan carilah spot terbaik yang Anda suka dan abadikanlah dengan kamera. Selfie? sepertinya semua wisatawan yang datang melakukannya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Pantai Tikus Bangka ini panjang. Susuri pantainya ke utara untuk menemukan Pantai Tikus Emas dengan hamparan pasir yang lebih luas. Ini adalah varian pantai baru yang sebelumnya berantakan bekas penambang ilegal. Kini, menjadi indah setelah di tata ulang oleh warga.

Perihal namanya, ada berbagai pendapat. Ada yang mengatakan disebut Pantai Tikus karena banyaknya jalan tikus untuk mencapai pantai ini. Ada juga yang mengatakan berasal dari julukan sesepuh setempat yang dijuluki San Lo Chu (Tikus Hutan). Dijuluki seperti itu karena sangat cepat jika melewati semak belukar.

Makam sesepuh San Lo Chu bisa ditemukan di sekitar pantai. Sementara itu, untuk penambahan kata “Emas” hanya sebagai pembeda dari pantai tetangga. Selain itu, di pantai ini juga terdapat patung tikus emas yang dirancang menghadap ke arah makam San Lo Chu. Lalu? segera berangkat dan buktikan keindahannya.

One Fine Day in Pantai Tikus, Bangka
credit: flickr/Naskar Hans

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meskipun cukup tersembunyi, fasilitas wisata di keseluruhan Pantai Tikus Sungailiat Bangka sangat memadai. Bahkan, akses jalannya bagus dan beraspal sampai tiba di lokasi pantai. Fasilitas penunjang wisatanya pun lengkap, termasuk warung dan wahana permainan air atau watersport seperti jetski, banana boat, dll.

Secara keseluruhan luas kawasan Pantai Tikus Bangka mencapai delapan hektar. Adapun Pantai Tikus Emas sendiri sekitar 3 hektar. Untuk saat ini di beberapa tempat masih dalam proses pengembangan. Rencana ke depannya akan ada penambahan sarana dan prasarana, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman berwisata.

KeteranganHarga
Tiket MasukDewasaRp5.000
Anak-anakGratis
Parkir KendaraanRp5.000
Wisata Pantai Tikus Bangka Belitung
credit: ksmtour.com

Lokasi Rute Pantai Tikus Bangka

Secara administratif, Pantai Tikus berada di Desa Rebo, Kel. Kenangan, Sungailiat, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Anda bisa mencapainya dengan berkendara mudah, baik menggunakan roda empat maupun roda dua, bisa sampai lokasi. Durasi perjalanan sekitar 20 menit dari Sungai Liat dalam jarak kurang lebih 12 km. Peta Rute

Penginapan atau Hotel di Bangka

Pulau Bangka memiliki beragam wisata yang semuanya menarik untuk dikunjungi. Karena itu, liburan ke Bangka sudah semestinya mempersiapkan durasi wisata yang panjang. Lebih-lebih jika Anda ingin juga menjelajahi Wisata di Belitung. Jika cari tempat menginap, lihat daftar penginapan dan hotel di Bangka melalui tombol berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *