Wisata Pulau Ayer – Mutiara Pulau Seribu Nan Eksotis, Bernuansa Historis

Wisata Pulau Ayer. Wisata bahari Indonesia tak pernah berhenti menebar pesonanya, termasuk Kepulauan Seribu Jakarta yang selalu menarik di masing-masing pulau yang menjadi bagiannya. Terkhusus, Pulau Ayer “Mutiara Kepulauan” yang meski sibuk memanjakan setiap pengunjungnya, senantiasa menunggu kedatangan Anda.

Ayer adalah tentang pulau tropis bernuansa Papua nan eksotis, serta kental dengan nuansa historis. Sebelum dibuka untuk wisata pada era 50-an, pulau ini yang dipilih Presiden Soekarno sebagai tempat peristirahatannya. Pada masa itu, beliau juga sempat mengundang Josip Broz Tito (presiden Yugoslavia) dan U Thant (Sekjen PBB).

Peristiwa sejarah tersebut terjadi pada masa Pembebasan Papua Barat, sehingga banyak bangunan dirancang bertemakan Papua. Perihal namanya, konon berasal dari para nelayan yang menemukan dua sumber mata air. Mungkin itulah yang menyebabkan banyak pohon besar berusia ratusan tahun bertahan memperindahnya.

Intinya, Ayer adalah pulau rimbun dengan pantai berpasir putih lengkap dengan pohon kelapa yang berjajar disekitarnya. Tidak berlebihan jika kemudian dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Jadi, segera pastikan jadwal keberangkatan. Pulau Ayer Kepulauan Seribu telah siap membuat liburan Anda penuh rasa takjub dalam kegembiraan.

Pulau Ayer Kepulauan Seribu
sumber : @pulauayerresort

Aktivitas Wisata Pulau Ayer

Oleh karena perairan yang belum cukup jernih, aktivitas bawah laut seperti snorkeling dan diving tidak dimungkinkan di pulau Ayer. Bagi yang suka menyelam, bisa mempertimbangkan liburan ke Pulau Harapan atau Pulau Pari Kepulauan Seribu. Wisata Pulau Ayer lebih ideal untuk bersantai dan beraktivitas di permukaannya.

Di Pulau Ayer, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya karena fasilitas penunjang wisatanya sangatlah lengkap. Cobalah untuk menikmati keseruan di atas air dengan berbagai wahana watersport, seperti bermain Jetski, Banana Boat, ataupun menjelajah perairan sekitar dengan menggunakan kano.

Aktivitas menarik lainnya adalah berkeliling menggunakan sepeda. Jika suka memancing, cobalah untuk melakukannya karena persewaan alatnya juga tersedia. Ingin berenang? lakukanlah, ada kolam renang yang memang disediakan untuk Anda. Selebihnya, ada sarana untuk berolahraga, basket ball, volley ball, hingga Billiard.

Wisata Pulau Ayer sangat cocok untuk liburan keluarga. Disini juga telah disediakan arena bermain, biarkan anak-anak tercinta bermain sepuasnya. Selebihnya, bersantai di pantai merupakan aktivitas yang tidak perlu di pinta. Nikmati suasana laut, sementara di depan Anda telah tersaji sajian khas yang menggugah selera.

Wisata Pulau Ayer Pulau Seribu
sumber : @tarateguh

Fasilitas Wisata Pulau Ayer

Sebagai pulau resort murni, fasilitas di Pulau Ayer tentunya sangat mumpuni. Seperti yang telah disebut di awal artikel, Pulau Ayer merupakan salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar. Keberadaan mata air turut mempermudah pengembangan fasilitas yang tersedia.

Fasilitas Pulau Ayer mencakup berbagai jenis floating cottages dan land cottages. Ada juga hotel dan bungalow. Untuk diketahui, bungalow Cendrawasih 4 dikatakan sebagai tempat yang dulunya dipilih oleh Presiden Soekarno. Selain itu, ada juga restaurant & cafe, meeting room, drag store & minishop, hingga Ojar Stage.

Fasilitas lain termasuk arena bermain, tempat bersantai, lapangan basket, lapangan voli pantai, serta kolam renang. Untuk fasilitas penunjang wisata, ada penyewaan Racing Jet Ski, Banana Boat, Canoe, Sepeda, serta peralatan untuk memancing. Jadi, nyamankan diri Anda, nikmati apa yang ada dan selamat berwisata.

Pulau Ayer
sumber : jakartatraveller.com

Biaya Wisata Pulau Ayer

Pulau Ayer sepenuhnya resor, sehingga kebanyakan wisatawan yang datang kesini lebih menggunakan layanan Paket Wisata Pulau Ayer. Opsi paket wisata cukup beragam, mulai dari one day tour, room only, hingga full-board atau all-inclusive. Harganya pun bervariasi, bergantung menginap atau tidaknya, serta jenis cottage yang dipilih.

Biaya juga bisa bertambah jika ada kebutuhan ekstra, seperti penambahan makan siang atau makan malam, penambahan kapasitas ekstra untuk cottage dan bungalow. Selebihnya, biaya wisata yang juga perlu dipertimbangkan adalah jika ingin menggunakan jet ski, banana boat, kano, sepeda, serta peralatan memancing. Berikut ini daftar harganya.

Keterangan Harga
Tiket Masuk + Makan Siang ± Rp 200.000
Biaya Makan Tambahan ± Rp 100.000
Sewa Jet Ski ± Rp 375.000 / 15 menit
Sewa Banana Boat ± Rp 375.000 / 2 putaran
Sewa Kano ± Rp 30.000 / 15 menit
Sewa Sepeda ± Rp 50.000 / 1 hari
Sewa Alat Memancing ± Rp 35.000 / 1 hari
harga mungkin kurang akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Cara Pergi ke Pulau Ayer

Seperti halnya Pulau Bidadari, pulau seluas kurang lebih 10 ha ini termasuk salah satu pulau wisata yang lokasinya dekat dengan ibukota Jakarta. Hanya dibutuhkan durasi 20 menitan untuk sampai menggunakan speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Untuk wisata Pulau Ayer biasanya telah ada penyedia paket wisata, setidaknya shuttle boat pulang-pergi dari dermaga tersebut.

Lokasi Pulau Ayer : Kel. Pulau Untungjawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *