Wisata Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu – Indah & Sarat Nuansa Sejarah

Wisata Pulau Bidadari. Ada rencana liburan ke Kepulauan Seribu namun bingung memilih pulau yang ideal? Sejauh ini Pulau Tidung tetap yang terfavorit, namun semua selalu bergantung kebutuhan wisata. Jika suka keindahan bawah laut, bisa memilih tour ke Pulau Harapan atau ke Pulau Pari.

Sementara itu, jika menghendaki destinasi pulau terdekat namun menjanjikan pengalaman wisata berkesan, rekomendasi terbaiknya adalah liburan ke Pulau Bidadari. Bahkan, pulau ini terbilang paling cocok bagi mereka yang memiliki durasi wisata pendek, hanya berwisata sehari (One Day Tour) tanpa menginap.

Selain keindahan panorama bahari dan segala aktivitas menarik yang ditawarkan, satu hal yang paling menonjol dari pulau ini adalah banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah dari zaman Belanda. Tertarik untuk berwisata ke Pulau Bidadari? Lanjutkan membaca artikel ini untuk memperkaya informasi.

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu
sumber : pulauseribu-neftour.com

Sekilas Sejarah Pulau Bidadari

Salah satu pulau tujuan wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta ini pada abad ke-17 merupakan pulau penunjang aktivitas Pulau Onrust. Oleh karena itu di pulau ini dibangunlah sarana-sarana, termasuk rumah sakit lepra atau kusta. Pulau ini sempat dinamakan Pulau Sakit karena keberadaan rumah sakit tersebut.

Selain rumah sakit, Belanda juga mendirikan benteng pengawas. Adapun pada tahun 1800, apa yang telah dibangun Belanda hancur oleh serangan armada laut Britania Raya. Belanda kembali menguasai pulau ini sekitar 1803 dan diserang lagi tahun 1806, tidak hanya Pulau Bidadari, Pulau Onrust pun hancur lebur.

Pada tahun 1827, Belanda membangun kembali pulau ini, salah satu yang dibangun adalah asrama haji yang berfungsi hingga tahun 1933. Selanjutnya, pulau ini sempat kosong tak berpenghuni hingga tahun 1970. Pada awal tahun inilah, Pulau Bidadari mulai dikelola sebagai resort wisata oleh PT Seabreez.

Selain sempat dinamakan Pulau Sakit, pulau ini juga pernah dinamakan Pulau Purmerend, merujuk pada gemeente Belanda di provinsi Noord Holland. Perubahan nama menjadi Pulau Bidadari adalah untuk menarik wisatawan. Nama ini diilhami oleh nama pulau lainnya di Pulau Seribu, seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana dll.

Kini, kenangan sejarah di masa lalu menyisakan beragam peninggalan-peninggalan Belanda yang mewarnai eksotisme Pulau Bidadari. Selebihnya, ada juga beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian, pohon kepuh, pohon sentigi, pohon kayu hitam, pohon glodokan, beberapa tanaman buah, dan juga hutan mangrove.


Aktifitas Wisata Pulau Bidadari

Wisata Pulau Bidadari Kepulauan Seribu merupakan destinasi yang cocok buat siapa saja, termasuk wisata keluarga. Tempat bersantai dan sepenuhnya gembira, sementara keindahan selalu tersaji di sepanjang pandangan mata. Pantainya bersih, berpasir putih dengan laut yang berair jernih.

Semua terserah Anda! jika ingin seru-seruan bisa mencoba wahana watersport yang ada, bermain jetsky, banana boat atau ber-kano ria. Bagi wisata keluarga, biarkan anak-anak sepuasnya berenang dan bermain di kolam renang atau biarkan mereka menikmati lucunya tingkah laku rusa jinak.

Wisata Pulau Bidadari
sumber : @ijoeel

Salah satu aktivitas yang wajib dicoba adalah bersepeda. Berkeliling menikmati setiap sudut dan meresapi kesejarahan sembari tetap selfie jika menemukan spot yang Anda suka. Yang pasti jangan lupa naik perahu tradisional, hopping island ke Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Kayangan.

Untuk diketahui, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Kayangan sarat dengan nuansa sejarah peninggalan Belanda. Pulau-pulau ini termasuk cagar budaya Kepulauan Seribu yang telah resmi ditetapkan pemerintah. Resapi sejarahnya agar pengalaman wisata semakin berkesan.

Dalam wisata Pulau Bidadari, ada pantai cantik nan unik bernama “Pantai Jodoh” yang lokasinya dekat dengan Bidadari Eco Resort. Dinamakan Pantai Jodoh karena dulu ada sepasang remaja bertemu di pantai ini, kemudian menikah. Manjakan diri di pantai indah ini sembari menyantap sajian khasnya.


Fasilitas Wisata Pulau Bidadari

Sebagai salah satu pulau resort Kepulauan Seribu terdekat dengan Jakarta, fasilitas wisata Pulau Bidadari sangatlah lengkap. Ada Restoran, Mini Bar. Mushola, Ruang Meeting serta beberapa fasilitas olah raga seperti Billiard, Volley, Sepak Bola, Tenis Meja, serta lapangan Basket.

Resor Pulau Bidadari juga memanjakan traveler dengan aneka watersport seperti jetsky, banana boat dan kano. Selain itu juga ada playing ground dan kolam renang yang disediakan khusus untuk anak-anak. Tidak ada fasilitas alat snorkeling, karena pulau ini tidak ideal untuk aktivitas tersebut.

Selebihnya ada perahu tradisional berkapasitas 15-20 orang untuk keperluan island hopping. Yang menarik dari pulau ini adalah resornya. Ada resor mengapung di atas laut atau cottage apung atau floating cottage. Ada juga cottage darat yang tersedia dalam dua varian, panggung dan bukan panggung.

Fasilitas lain berupa pendopo sebagai tempat bersantai di pantai, juga taman-taman hijau yang teduh dan menyejukkan. Pulau ini juga mencakup Menara Martello, Andong, serta meriam sebagai sisa-sisa peninggalan zaman penjajahan Belanda. Banyak lagi fasilitas lainnya di pulau ini.

Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Pulau Bidadari
sumber : @pulaubidadariecoresort

Cara Pergi ke Pulau Bidadari

Liburan wisata ke Pulau Bidadari bisa dengan dua cara, yakni memanfaatkan layanan Paket Wisata Pulau Bidadari atau melakukan perjalanan mandiri (backpacker). Jika menggunakan paket wisata, untuk One Day Tour biasanya harga berkisar 300 ribuan, jika menginap sekitar 750 ribuan.

Adapun jika memilih perjalanan ala backpacker, bisa memulainya dengan pergi ke Dermaga Marina Ancol dan naik speedboat dengan biaya sekitar 150 ribuan. Jadwal keberangkatan 09.00 dan 15.00 WIB untuk hari biasa dan pukul 08.00, 10.00, 12.00, dan 15.00 WIB (sabtu-minggu)

Lokasi Pulau Biadadari : Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *