Wisata Pulau Harapan – Surga Bawah Laut Tereksotis di Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Harapan. Pulau Seribu di Teluk Jakarta merupakan salah satu primadona wisata bahari Indonesia. Setiap pulau yang menjadi bagiannya senantiasa memberi citarasa wisata tersendiri. Diantara banyaknya pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu, ada Pulau Harapan yang menawan, mempesona luar dan dalam.

Pulau ini berada di Kepulauan Seribu Utara, sehingga cukup jauh dari Jakarta. Semakin jauh dari Teluk Jakarta, semakin bersih pula pantai dan lautnya. Setidaknya dibutuhkan sekitar 4 jam menggunakan Kapal Motor Tradisional dari pelabuhan Kali Adem, atau 2 jam menggunakan speedboat dari Dermaga Marina Ancol.

Pulau Harapan merupakan destinasi sempurna jika sobat menghendaki wisata pulau yang asri dan alami. Sebagai bagian dari Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, selain panorama alam yang menawan, keindahan bawah lautnya juga menakjubkan. Bahkan dikatakan spot snorkeling di pulau inilah yang tereksotis di Pulau Seribu.

Wisata Pulau Harapan
sumber : ngebolang.com

Aktivitas Wisata Pulau Harapan

1. Snorkeling, Menuju Keindahan Bawah Laut

Sejauh ini, yang paling menonjol dari Pulau Harapan adalah keindahan bawah lautnya. Sehingga snorkeling dan scuba diving adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan. Tentu, Anda harus mencobanya, takjub dan bergembiralah bersama ragam jenis dan ukuran ikan dimana sejauh mata memandang hanyalah keindahan terumbu karang.

Banyak spot snorkeling di sekitar Pulau Harapan. Bisa mencoba di Pulau Bintang, Pulau Bulat atau di Pulau Macan. Semua bergantung bagaimana cara sobat datang ke pulau ini. Biasanya jika menggunakan layanan Paket Wisata Pulau Harapan, biasanya ada rekomendasi spot-spot snorkeling yang ideal menurut agen travel layanan tersebut.

2. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

Sebagai pulau yang masih terjaga keindahannya, pulau ini juga menawarkan lanskap pemandangan yang menawan. Ketika liburan ini memungkinkan sobat bertemu ranumnya pagi, cobalah melebar menjelajah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Bersahabatlah dengan warna alam saat sunrise menjelang dan jujurlah bawah Anda menyukainya.

Durasi ideal wisata di Pulau Harapan adalah 2 hari 1 malam. Selain cukup leluasa, durasi tersebut juga memungkinkan wisatawan untuk bertemu sunrise dan sunset. Sunset di pulau ini sangatlah romantis dengan banyak opsi spot untuk menikmatinya, baik di Pulau Harapan atau di pulau-pulau sekitar, seperti Pulau Gusung Perak.

3. Island Hopping & Melihat Penangkaran Penyu

Aktivitas Island Hopping tidaklah bisa dihindari karena itu menyenangkan. Banyak pulau-pulau kecil yang bisa disinggahi, diantaranya Pulau Bira, Pulau Cina, Pulau Gusung Perak, Pulau Bulat, Pulau Panjang dan lain sebagainya. Jika ingin menyinggahi banyak pulau, pastikan durasi liburan ke Pulau Harapan mencukupi, mungkin 3 Hari 2 Malam.

Berapapun pulau yang Anda singgahi dalam aktivitas Island Hopping, pastikan saja untuk tidak melewatkan pergi ke Pulau Kelapa. Di pulau inilah ada penangkaran penyu sisik. Menariknya, saat ini telah ada akses darat berupa jembatan beton yang menghubungkan Pulau Harapan dan Pulau Kelapa sehingga lebih mudah untuk mencapainya.

Snorkeling Pulau Harapan
sumber : www.brenggo-id.com

Fasilitas Wisata Pulau Harapan

Sama halnya dengan Wisata Pulau Tidung, sebagai salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu, Pulau Harapan juga telah dilengkapi beragam fasilitas yang terbilang memadai. Ada dermaga, beragam penginapan dan warung makan, taman bermain hingga tempat ibadah dan lain sebagainya.

Untuk penginapan sangatlah banyak. Fasilitas penginapan meliputi AC, TV, kulkas, wifi, serta ada beberapa penginapan yang telah dilengkapi pemandian air panas. Tentu, fasilitas yang tersedia selalu senada dengan harga sewanya. semakin banyak fasilitasnya, semakin mahal juga harga sewanya.

Opsi menginap lain adalah menyewa homestay. Beberapa rumah penduduk di pulau ini ada yang sengaja disewakan untuk wisatawan. Homestay sangat ideal bagi para backpacker yang datang secara mandiri ke pulau ini. Adapun jika menggunakan Paket Wisata Pulau Seribu, umumnya penginapan sudah termasuk di dalam layanannya.

Pulau Harapan Kepulauan Seribu
sumber : ngebolang.com

Biaya Wisata ke Pulau Harapan

Mengenai biaya ke Pulau Harapan akan bergantung pada bagaimana cara sobat pergi kesana. Jika lebih memilih kemudahan, bisa memanfaatkan Paket Wisata Pulau Harapan yang banyak tersebar di internet. Masing-masing agen travel tentu menetapkan harga yang bervariasi dan bergantung juga pada durasi wisatanya.

Lain halnya jika sobat lebih suka melakukan trip secara mandiri, perlu terlebih dahulu mengetahui biaya perjalanannya. Berikut merupakan rincian perkiraan biaya yang musti dikeluarkan. Biaya perjalanan ini penulis asumsikan berangkat dari Pelabuhan Kali Adem.

Tiket Kapal Ferry PP ± Rp 100.000 / orang
Penginapan / Homestay (6-10 orang) ± Rp 300.000 / malam
Sewa Kapal (5-8 orang) ± Rp 300.000 / sehari
Sewa Peralatan Snorkeling ± Rp 35.000 / orang
Sewa Underwater Camera ± Rp 150.000
Makan 3x Sehari ± Rp 75.000
Opsi Penginapan Lihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi & Cara ke Pulau Harapan

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai di Pulau Harapan. Yang pasti, untuk pertama kalinya sobat traveler perlu sampai dulu ke Jakarta Utara. Tujulah salah satu dari dua pelabuhan yang ada disana, Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol.

Jika ingin biaya lebih murah namun perjalanannya agak lama, pergi ke Pelabuhan Kali Adem. Menumpang kapal ferry dengan durasi perjalanan 3-4 jam. Opsi selanjutnya adalah pergi ke Marina Ancol. Melalui dermaga ini, sobat bisa naik speedboat, lama perjalanan sekitar 2 jam.

Lokasi Pulau Harapan : Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *