Pulau Lengkuas Belitung – Surga Wisata Bahari Primadona di Pulau Belitung

Pulau Lengkuas. Indonesia kaya destinasi wisata bahari dan Belitung adalah salah satu yang terbaik di antaranya. Pulau di lepas pantai timur Sumatera ini menawarkan berbagai potensi alam. Tidak terkecuali pesona alam yang luar biasa.

Selain pantai-pantainya yang bersih dan indah, serta bukit-bukit yang menyejukkan mata. Pulau Belitung juga tentang sejumlah pulau-pulau kecil yang molek menawan di lepas pantainya. Pulau Lengkuas adalah objek wisata pulau yang menjadi primadona pariwisata di sana.

Wilayah Gantung di Belitung Timur memang tetap menjadi destinasi wajib di Pulau Belitung. Karena di sanalah nuansa Laskar Pelangi (film yang melambungkan nama Belitung) demikian terasa. Namun, Pulau Lengkuaslah yang paling mendefinisikan citarasa alam baharinya.

Sobat seorang traveler penyuka wisata bahari? rencanakanlah perjalanan ke Belitung. Jelajahi pulau penghasil lada putih dan timah putih tersebut. Kunjungi Pulau Langkuas. Lokasinya berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Lengkuas Island Belitung
sumber: @pulau_lengkuas

Daya Tarik Pulau Lengkuas

Indah dan alami. Demikianlah pulau mungil bernama Lengkuas ini. Saking mungilnya, untuk mengelilingi keseluruhan areanya hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Tanpa terasa, karena pemandangannya memanjakan mata. Luasnya hanya sekitar 1 hektar saja.

Selain hamparan pasir pantai yang putih dan bentang laut berair jernih, mercusuar adalah satu hal yang paling ikonik di pulau ini. Mercusuar itu masih berfungsi hingga sekarang, meskipun sudah berusia 2 abad lebih. Ini adalah peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882.

Wisata bahari Pulau Belitung sangat khas terutama melalui keberadaan bebatuan granit. Berjajar dan tersusun indah melengkapi komposisi alamnya. Bebatuan yang diperkirakan usianya mencapai 65-200 juta tahun tersebut juga melengkapi kemolekan Pulau Lengkuas.

Namun, semua itu hanya tentang pemandangan di permukaan pulaunya saja. Lebih jauh dari itu, di kedalaman airnya, pulau ini juga menawarkan surga bawah laut yang menakjubkan. Gugusan terumbu karang yang indah lengkap dengan aktivitas ikan yang berwarna-warni.

Wisata Pulau Lengkuas di Belitung
sumber: @joglowisata

Aktivitas di Pulau Lengkuas

Berwisata ke pulau sama halnya dengan wisata ke pantai. Aktivitas paling umum dilakukan adalah bermain di pasir, bermain air atau berenang. Anda juga bisa melakukannya di Pulau Lengkuas. Bersantai atau bisa juga menyusuri pasir putihnya atau berenang di kejernihan airnya.

Namun, cukup berbeda dengan yang lainnya, pulau ini memungkinkan setiap wisatawan untuk menikmati pemandangan lebih sempurna. Anda bisa memasuki dan menaiki mercusuar yang berketinggian kurang lebih 50 meter itu. Cukup melelahkan karena harus melalui ratusan anak tangga.

Meski demikian, lelah Anda akan segera terbayar lunas bahkan berlebih ketika melihat pemandangan dari atas ketinggian. Bentang laut biru nan luas terlihat cantik sejauh pandangan 360 derajat. Berhias tatanan acak bebatuan granit dan pulau-pulau indah di sekitarnya.

Selanjutnya, cobalah melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving di perairan sekitar pulau. Selain keragaman hayati berupa terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang saling berkejaran, keunikan bawah laut perairan di sekitar Pulau Lengkuas adalah Wreck Indomarine.

Wreck Indomarine adalah bangkai kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1999 yang lalu. Bangkainya masih teronggok di bawah laut dengan hiasan terumbu karang yang tumbuh di dindingnya. Karena banyak ikan di perairan ini, nelayan setempat pun banyak yang mendatanginya.

Selebihnya, setiap pengunjung bisa melakukan banyak hal, seperti berswafoto atau bagi yang suka photography, banyak objek-objek pemandangan yang bisa diabadikan. Bisa juga island hopping ke Pulau Burung, ke Pulau Pasir atau bisa juga ke Pulau Kepayang yang menjadi tempat penangkaran penyu.

Pulau Lengkuas
sumber : nusantarakaya.com

Lokasi & Rute Pulau Lengkuas

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini. Pulau Lengkuas berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Secara administratif pulau ini masuk di wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Belitung. Bisa dicapai dari 3 tempat, yakni Tanjung Kelayang, Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi.

Jika melalui Tanjung Kelayang durasi perjalanannya sekitar 20 menit. Atau dari Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi namun durasi perjalanannya agak lama, kurang lebih 30-45 menit. Biaya sewa perahu berkisar antara Rp 350.000 – Rp 500.000 per rombongan. Harga ini bergantung pada tempat keberangkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *