Pulau Maratua, Berau – Surga Laut Yang Menawan Di Kepulauan Derawan

Pulau Maratua. Bagi sobat pecinta alam bahari, Kalimantan Timur adalah destinasi yang layak dijelajahi. Tentu, masih perlu memfilter lagi tujuannya dan menuju Kabupaten Berau adalah rekomendasi terbaiknya. Banyak pulau-pulau yang siap memanjakan. Di Kepulauan Derawan, ada Pulau Maratua yang mempesona

Maratua merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau ini berada di Laut Sulawesi, di sebelah selatan Kota Tarakan dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Sebuah pulau kecil memanjang dan melengkung tajam nan menawan, indah luar dalam. Saking terkesimanya, wisatawan menjulukinya sebagai Maldives-nya Indonesia.

Pulau Maratua adalah rumah bagi sekitar 3.000 jiwa Suku Bajo yang tersebar di 4 desa. Keseharian penduduk asli Maratua tersebut adalah nelayan. Setidaknya sejenak, ataupun berlama-lama jadilah bagian dari mereka. Melihat aktivitas dan kearifan lokalnya, menikmati panorama atau memasuki surga bawah laut dan terpesona.

Maratua Island, Indonesia
sumber : @kakabantrip

Aktifitas Wisata Pulau Maratua

Gugusan pulau-pulau kecil yang menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur dikenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik Indonesia. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke pulau-pulau ini, tujuan utamanya adalah menyelam. Demikian juga Maratua yang seolah menjadi “surga” baru bagi pecinta aktivitas tersebut.

Anda suka melakukan penyelaman? selamat datang di Maratua. Masuki kedalaman jernih airnya, manjakan gairah wisata dengan indah ragam terumbu karang serta dominasi hijaunya padang lamun Halodule Uninervis. Bergembiralah! karena sepanjang penyelaman beraneka jenis ikan turut mewarnai rasa ketakjuban.

Spot-spot diving di Maratua Berau sangatlah banyak jumlahnya, diantaranya ada Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Pilih salah satunya, atau jika terlanjur penasaran bisa juga melebar ke spot-spot penyelaman lainnya.

Tidak suka diving? namun lebih suka berenang? Maratua Island juga termasuk danau Haji Buang dan danau Tanah Bamban. Di danau Haji Buang, Anda bisa merasakan sensasi berenang bersama ratusan ubur-ubur tanpa harus takut akan sengatannya. Danau tenang berair biru ini bisa dicapai 15-30 menit dengan berperahu dari Maratua.

Selebihnya, pantai Maratua yang indah mengkolaborasikan hamparan pasir putih dan gradasi laut, dari biru kehijau-hijauan hingga sempurna kebiruannya. Jujurlah bahwa Anda suka! Pastikan untuk berlama-lama menikmati lanskap alam yang komposisinya disempurnakan rimbun kehijauan itu. Benar-benar alami dan sangat asri.

Tidak hanya itu, keindahan berbeda tersedia di kala senja mulai tiba. Ketika matahari mulai terbenam, otomatis gradasi warna alam mulai bekerja, menjadi lebih monoton namun mempesona. Bersantailah, bercengkerama sambil menikmati sajian yang ada. Tidurlah agar bisa bangun lebih pagi menyambut moleknya sunrise di pagi hari.

Wisata Pulau Maratua
sumber : www.pesona.travel

Fasilitas Wisata Pulau Maratua

Seiring dengan daya tariknya, Maratua Island telah didukung amenitas yang mumpuni. Para pelancong bisa dengan mudah resort dan cottage yang ideal bagi mereka. Untuk diketahui, baik resort maupun cottage yang ada di Maratua semuanya berstandar internasional.

Harga yang ditawarkan berkisar Rp 500.000 – Rp 600.000 / malam dan sudah termasuk berbagai fasilitas, seperti pendingin ruangan, bathup serta fasilitas makan 3x dalam sehari. Bagi traveler yang suka diving, umumnya penginapan di Pulau Maratua juga menyewakan peralatan diving serta penyewaan kapal.

Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Pulau Maratua Kalimantan Timur
sumber : @keliling_1ndonesia

Cara Pergi ke Pulau Maratua

Untuk saat ini, melakukan perjalanan wisata ke Maratua menjadi semakin mudah. Traveler bisa memilih melalui jalur laut dan udara atau langsung saja menggunakan jalur udara saja. Pasalnya, kini dari Balikpapan sudah ada penerbangan langsung ke Maratua dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Jika lebih suka mengkombinasikan jalur laut dan udara, mulailah menuju Kota Tarakan. Naik pesawat tujuan Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Selanjutnya, menyewa speed boat menuju Maratua, sekitar 3 jam perjalanan. Jika ingin mudah, sekarang dari Tarakan juga sudah ada penerbangan langsung ke Maratua, durasi 30 menit saja.

Lokasi Pulau Maratua : Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *