Pulau Pahawang, Lampung – Surga Wisata Bahari Yang Tak Lagi Sembunyi

Pulau Pahawang, Lampung. Bagi traveler penggila wisata bahari, Indonesia laksana surga yang tak akan pernah habis dijelajahi. Di dalam pulau-pulaunya yang indah, selalu tersaji pantai-pantai yang menawan.

Sementara itu, laut yang membiru terbentang tidak hanya melengkapi panoramanya, namun juga menyimpan kerajaan bawah laut yang mempesona. Bahkan, semua wujud keindahan tersebut sudah bisa terwakili oleh satu pulau saja, salah satunya adalah Pulau Pahawang.

Pahawang merujuk pada gugusan pulau yang menghiasi laut di selatan Lampung, tepatnya di Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Area pulau ini terbagi menjadi dua, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Sebagai pulau utama, Pahawang Besar memiliki luas kurang lebih 1.000 ha dan dihuni sekitar 900 kepala keluarga. Adapun Pahawang Kecil luasnya hanya sekitar 13 ha dengan beberapa villa dan cottage yang sifatnya private resort milik warga negara asing.

Dulu, wisata Pahawang sebagai salah satu surga wisata bahari Indonesia jaranglah terdengar. Namun, seiring banyaknya promosi paket wisata Pulau Pahawang Lampung oleh biro perjalanan wisata, pulau ini dan sekitarnya menjadi populer dikalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Jika sobat tertarik liburan di Pahawang, sebenarnya pulau ini bisa dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu paling ideal biasanya pada kisaran bulan Mei hingga Agustus.

Wisata Pahawang Lampung
sumber : youtu.be/3SU8ah7VclM

Aktivitas Wisata Pahawang

Sesuai dengan potensinya, snorkeling Pahawang merupakan aktivitas utama. Meskipun diatas dikatakan pulau ini terbagi menjadi dua, namun dalam wisata Pahawang, setidaknya ada empat pulau utama yang biasanya dijadikan tujuan wisata.

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Spot-spot snorkeling banyak tersebar di sekitar keempat pulau tersebut, yang paling populer adalah Wisata Taman Nemo sebagai tempat untuk menikmati habitat alam ikan nemo.

Island hopping menjadi aktivitas yang wajib dilakukan untuk melebarkan penjelajahan. Selain untuk menikmati spot snorkeling yang berbeda, tiap pulau tentunya menawarkan panorama alam tersendiri.

Pahawang juga memungkinkan aktivitas lain selain memanjakan mata dengan keindahan bawah laut. Pantai Pahawang beserta pantai-pantai lain di pulau sekitarnya cenderung asri yang pastinya layak dijelajahi. Memungkinkan Anda menikmati indahnya sunrise dan sunset, serta melihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

Snorkeling Gosong Bekri Pahawang
sumber : triptrus.com

Fasilitas dan Biaya Wisata

Semua fasilitas umumnya bisa ditemukan di Pahawang Besar. Di pulau ini belum mendapat pasokan listrik. Penduduk setempat umumnya menggunakan genset. Terdapat beberapa fasilitas akomodasi dan penginapan. Beberapa villa dan puluhan homestay tersebar di tiga dusun, yakni Pagetahan, Jelarangan, dan Cukuh Nyai.

Untuk perjalanan mandiri, ajaklah setidaknya 4 orang agar biaya lebih murah. Dari Bakauheni ke Ketapang membayar sekitar Rp. 50.000 untuk naik bus dari Bakauheni ke Terminal Rajabasa, naik angkot ke Tanjung Karang, serta naik angkutan pick up ke Dermaga Ketapang. Bisa juga menyewa mobil sekitar Rp 200.000Rp. 250.000.

Biaya sewa perahu ke Pahawang sekitar Rp 400.000Rp. 500.000 yang mampu menampung hingga 25 orang. Opsi lain bisa menyewa perahu harian agar bisa digunakan Island Hopping. Sementara itu, untuk homestay biasanya di tarif sekitar Rp. 200.000Rp. 500.000 yang mampu menampung hingga 4 orang.

Biaya wisata Pahawang sangat bervariasi dan bergantung bagaimana cara pergi ke sana. Jika menggunakan jasa paket wisata Pahawang, harganya berkisar Rp. 250.000Rp. 450.000 per orang. Untuk kemudahan liburan, saran terbaik memang memanfaatkan agen travel. Pastikan jeli dalam memilih layanan tour & travel atau gabungan open trip.

Opsi PenginapanLihat Daftar
Pulau Pahawang Lampung
sumber : ngetripyuk.id

Rute ke Pulau Pahawang

Semua rute ke Pahawang Lampung akan selalu melalui Pelabuhan Ketapang. Dari Pelabuhan Bakauheni dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan berkendara untuk sampai di pelabuhan tersebut. Selanjutnya, Anda bisa menyeberang menggunakan speed boat selama kurang lebih 20-30 menit untuk sampai di Pahawang Besar.

Lokasi: Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Lihat Peta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *