Pura Lempuyang Luhur Karangasem Bali – Gerbang Surga Yang Mendunia

Sebagai tujuan wisata unggulan yang di dominasi masyarakat Hindu, Bali ikonik dengan ragam pura eksotik. Pura Ulun Danu Bratan menawan dengan danau menenangkan. Pura Uluwatu hadir dengan sunset yang dirindu. Tanah Lot jelas mengagumkan, sedangkan Pura Lempuyang adalah eksotika lain yang pasti terkenang.

Meski pantai tetap menjadi menu utama wisata Bali, budaya religiusitas Bali menawarkan daya tarik tersendiri. Arsitektur pura beserta kedamaian dan lanskap alam yang melingkupinya secara magis menarik banyak kunjungan wisatawan. Jadi, ketika liburan ke Pulau Bali, pastikan ada satu dua pura yang Anda kunjungi.

Berkunjung ke Pura Lempuyang merupakan salah satu rekomendasi terbaik. Melengkapi koleksi Objek Wisata di Karangasem Bali, pura ini adalah satu yang paling ikonik mewakili eksotika Pulau Dewata. Beralamatkan di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali. Lanjutkan membacanya untuk memperkaya informasi.

Lempuyang Temple Karangasem Bali
credit: flickr/Enrico Strocchi, CC BY-SA 2.0

Daya Tarik Pura Lempuyang Luhur Bali

Pura Lempuyang Luhur merupakan pura tertinggi yang berada di puncak Gunung Lempuyang Karangasem Bali. Salah satu pura yang sangat dihormati oleh masyarakat Hindu Bali. Termasuk satu di antara Sad Kahyangan Jagad (enam tempat suci dunia) atau enam tempat persembahyangan paling suci di Pulau Dewata Bali.

Dalam sejarah, tempat sembahyang di sekitar Gunung Lempuyang termasuk yang tertua. Pendirian kompleks Pura Sad Kahyangan Luhur Lempuyang diyakini mendahului kebanyakan pura di Pulau Bali. Selain Pura Lempuyang Luhur di puncak, ada Pura Penataran Agung Lempuyang yang juga terkenal di kalangan wisatawan.

Karena berada di ketinggian, kompleks pura ini unik dengan lanskap indah memanjakan. Kemurnian alamnya tak terjamah membentang memadukan lembah dan pesisir timur Bali. Pemandangan menakjubkan tersebut menyumbang pesona tersendiri yang mampu menarik banyak wisatawan, selain sakralitas kompleks puranya.

Trekking menjadi aktivitas yang tak bisa traveler hindari, khususnya jika ingin mencapai “gerbang surga” atau “gates of heaven”. Istilah ini merujuk pada spot paling populer yang menempati bagian pura tertinggi. Tidak tanggung-tanggung, untuk mencapainya setiap wisatawan harus mendaki 1700 anak tangga dari area parkir.

Spot “gerbang surga” atau “the gate of heaven” di Pura Lempuyang Karangasem Bali terkenal karena banyak beredar foto di media sosial yang menggambarkan refleksi air. Seolah terdapat kolam air berlatar gerbang Pura Lempuyang dan Gunung Agung. Alhasil, terciptalah bayangan ketika pengunjung berfoto di gerbang pura itu.

Secara nyata hasil foto semacam itu hanya bisa traveler dapatkan di musim penghujan ketika pelataran pura tergenangi oleh air. Selebihnya saat musim kemarau, pengunjung tetap bisa mendapatkan foto yang mirip namun dengan memanfaatkan cermin. Trik inilah yang sejauh ini dilakukan oleh jasa potret di objek wisata ini.

Pura Lempuyang Luhur Karangasem
credit: flickr/C K Leung, CC BY-NC-ND 2.0

Tiket, Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Harga tiket atau biaya masuk tempat wisata ini berkisar IDR 50K. Biaya tersebut sudah termasuk tiket berfoto dan menyewa kamben atau sarung. Sebagai tempat suci, memakai kamben atau sarung merupakan syarat wajib bagi siapapun untuk menjaga kesopanan memasuki komplek pura Gunung Lempuyang.

Fasilitas umum berupa warung makanan dan kamar mandi tersedia di sekitar lokasi. Area parkir tersedia, namun untuk mobil hanya bisa parkir di bawah. Untuk naik ke atas, ada bus pengantar dengan biaya sekitar IDR 50K. Jika Anda datang menggunakan sepeda motor, bisa langsung naik dan parkir di area atas.

Pura Lempuyang Luhur Bali merupakan tempat sakral yang mewajibkan siapapun mentaati sejumlah aturan. Misalnya, tidak boleh berfoto dengan mengangkat kaki terlalu tinggi dan tidak boleh berkata kotor. Dan beberapa aturan lain, termasuk dilarang naik melalui tangga bagian tengah, bisa naik di tangga kanan-kiri.

Untuk akomodasi, banyak tempat menginap di sekitar Pantai Amed dan Pantai Candidasa Bali. Karena tidak terlalu jauh, banyak yang menjadikan Pura Lempuyang satu paket dengan pantai-pantai tersebut. Dekat juga dengan Tirtagangga. Lihat rekomendasi penginapan atau hotel di Karangasem melalui tombol berikut:

Pura Lempuyang Luhur Temple Bali
credit: flickr/Tim Snell, CC BY-ND 2.0

Lokasi Lempuyang Temple Karangasem

Komplek Pura Sad Kahyangan Luhur Lempuyang beralamatkan di desa adat Purwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Kurang lebih 10 km atau 20 menit berkendara dari Tirta Gangga Water Palace maupun dari ibukota Karangasem, Amlapura. 30 menit dari Amed atau 45 menit dari Candidasa.

Jika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Anda perlu berkendara kurang lebih 90 km dengan durasi perjalanan sekira 2,5 jam. Atau, 80 km dari Kota Denpasar. Meski jauh, akses jalannya mudah melalui Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Untuk kemudahan, manfaatkan Peta Rute dan Lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *