Wisata Tanah Lot Bali – Antara Pura Laut & Keindahan Matahari Terbenam

Tanah Lot. Bali memiliki sejumlah ikon pariwisata yang menggambarkan citarasanya sebagai destinasi wisata terbesar di Indonesia. Pantai Kuta dan Pura Ulun Danu Beratan termasuk di dalamnya. Selain itu ada Tanah-Lot, daya tarik Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Wisata Tanah-Lot adalah tentang sudut keindahan Bali di mana alam, budaya dan religiusitas demikian harmoni. Eksotika tebing bebatuan karang nan elegan senantiasa basah oleh gempuran ombak pantai selatan. Menjorok ke laut mencipta pulau mungil sebagai rumah pura tempat masyarakat Hindu Bali memuja dewa.

Ketika liburan di Bali, seolah wajib singgah di objek wisata ini. Datanglah! seperti umumnya turis mancanegara yang juga datang mengunjunginya. Jika suka pada keindahan senja, di sinilah tempat terbaik menikmatinya. Artikel ini akan menjadi menu pembuka wawasan wisata Anda. Jadi, tuntaskanlah membacanya!

Pantai Tanah Lot
sumber : allesgroen.wordpress.com

Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Sejarah Pura Tanah Lot Bali didasarkan pada legenda abad ke-15 di masa Raja Dalem Waturenggong. Sebuah kisah tentang Danghyang Nirartha dalam misinya menyebarkan agama Hindu dari Jawa ke Bali. Ia berhasil dan berencana membangun pura di tempat ia melihat sinar suci di laut selatan Bali, di desa Beraban, Tabanan.

Pura Luhur tersebut baru dibangun abad ke-16, karena awalnya pemimpin desa Beraban, Bendesa Beraban Sakti menentang ajaran Hindu. Beraban Sakti akhirnya luluh setelah melihat kesaktian Danghyang Nirartha yang mampu memindahkan batu karang ke tengah pantai. Batu itulah yang dinamakan Tanah (batu) Lot (laut).

Di atas batu karang itulah pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut dibangun. Menariknya, Danghyang Nirartha juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada dan secara ilmiah termasuk jenis ular laut. Ekor pipih seperti ikan, warnanya hitam belang kuning dan racunnya 3x lebih kuat dari cobra.

Danghyang Nirartha juga memberikan sebuah keris kepada bendesa Beraban sebelum meninggalkan desa tersebut. Keris itu diyakini memiliki kekuatan untuk menghilangkan penyakit tanaman. Di simpan di Puri Kediri dan di upacarai di Tanah-Lot enam bulan sekali. Sejak rutinitas itu dilakukan, kesejahteraan menyertai desa Beraban.

Lokasinya di tengah laut, seiring berjalannya waktu terganggu abrasi dan pengikisan oleh ombak dan angin. Oleh karenanya, pemerintah Bali dalam Proyek Pengamanan Daerah Pantai Bali melakukan pemasangan tetrapod dan memperkuat tebing di sekililing pura dengan karang buatan. Sejak 1987 Tanah-Lot sudah beberapa kali di renovasi.

Selain Pura Luhur di pulau karang, ada pura lain di sebelah utara, Pura Karang Bolong namanya. Juga berada di atas tebing yang menjorok ke laut. Bedanya, tebing Karang Bolong memanjang berbentuk seperti jembatan, menghubungkan pura dan daratan. Secara administratif, objek wisata Tanah-Lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, Bali.


Aktivitas & Daya Tarik Wisata

Wisata Tanah Lot Tabanan Bali senantiasa menakjubkan dengan ragam daya tarik yang membuat wisatawan ramai datang. Daya tarik utamanya jelas terletak di Pura Luhur danĀ  juga Pura Karang Bolong. Pura Luhur Tanah-Lot di pulau karang di tengah laut, hanya bisa didekati ketika air laut sedang surut. Ketika pasang, jalannya tertutup air.

Selain dua pura di atas, ada juga pura lain. Ada Pura Pakendungan, Pura Penataran, Pura Jro Kandang, Pura Njung Galuh, Pura Batu Mejan, dan Pura Penyawang. Kawasan Njung Galuh adalah tempat favorit yang menawarkan banyak sudut keindahan. Bagi yang menyukai aktivitas memancing, di sekitar kawasan ini juga ada spot memancing.

Selain wisata pura, pengunjung juga dimungkinkan untuk berwisata goa. Tidak jauh dari pura, ada Goa Ular Suci. Rumah bagi sekawanan ular yang konon ditugaskan sebagai penjaga pura. Di dalam goa ini, ada goa kecil bernama Goa Air Suci. Ada aliran air dari tengah laut di dalamnya. Uniknya, air tidak asin, namun tawar dan segar.

Daya tarik lainnya bernama Yeh Kutikan di sisi barat Warung Mandala. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati sudut lain pemandangan laut. Lebih dekat dengan ombak, juga ada spot memancingnya. Ada lagi Monumen Tri Antaka yang kental nuansa perjuangan dan Pasar Seni untuk membeli oleh-oleh berupa produk kesenian Bali.

Selain di Pantai Kuta, sunset di Tanah-Lot adalah salah satu yang terindah di Bali. Di sini ada Sunset Terrace yang berada di atas ketinggian menjadi tempat terbaik menikmati matahari terbenam. Di kala senja, di Tanah-Lot juga ada Pementasan Kecak Api yang di gelar setiap hari di Open Stage Dewi Sinta Hotel, Restaurant & Spa.

Pura Tanah Lot Bali
sumber: @gedelila

Fasilitas di Wisata Tanah Lot

Wisata Pura Tanah-Lot adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Bali. Sehingga fasilitas wisatanya juga sangat memadai. Toilet saja ada yang berkelas internasional. Lahan parkirnya pun luas, ada restoran, penginapan/hotel, pusat informasi, serta terdapat ratusan art shop di sekitarnya.

Di sini juga banyak pedagang makanan dan minuman, pedagang klepon dan keramik, serta pedagang tatto dan gambar. Ada juga puluhan pedagang post card dan tukang foto. Selain itu, fasilitas kebersihan juga sangat memadai. Untuk fasilitas keamanan pun sangat lengkap, baik petugas maupun peralatannya.


Harga Tiket Masuk Tanah Lot
Keterangan Harga
Tiket Masuk
Domestik Anak (6-12th) Rp. 15.000
Domestik Dewasa Rp. 20.000
Mancanegara Anak (6-12th) Rp. 30.000
Mancanegara Dewasa Rp. 60.000
Tiket Parkir
Parkir Roda 2 Rp. 2.000
Parkir Roda 4 Rp. 5.000
Parkir Roda 6 Rp. 10.000
Tiket Acara
Kecak Api Tanah-Lot Rp. 50.000
Photo/Video Syuting
Photo Rp. 500.000
Drone Rp. 500.000
Video Rp. 2.000.000
Penginapan Terdekat Lihat Daftar
Note: harga mungkin tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.
Wisata Pantai Tanah Lot Bali
sumber: @bali_spot

Peta Lokasi & Rute Tanah-Lot

Objek wisata ini beralamatkan di Jl. Tanah-Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Sekitar 13 kilometer ke arah barat pusat kota Tabanan atau sekitar 30 menit perjalanan berkendara.

Jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali, dibutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan berkendara dalam kondisi jalanan lancar. Manfaatkan peta lokasi berikut untuk mempermudah. Klik “direction/petunjuk arah“.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *