• sumber : presidentpost.id

Tanjung Lesung, Banten – Primadona Wisata di Pantai Barat Pulau Jawa

posted in: Banten, Jawa, Wisata | 0
Durasi baca : 5 menit

Wisata Tanjung Lesung, Banten. Pantai dengan segala pesonanya akan selalu digemari banyak orang, terlebih bagi masyarakat perkotaan seperti di Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Wisata bahari dipastikan mampu memberi peremajaan fikiran yang sebelumnya diforsir kerasnya rutinitas harian. Jika sebelumnya Anda akrab dengan Kepulauan Seribu yang terlanjur menjadi primadona, pertimbangkan juga pergi sedikit jauh ke barat dan temukanlah pantai terbaik di pesisir Banten, yakni Pantai Tanjung Lesung.

Wisata Tanjung Lesung yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten ini merupakan pantai yang indah menenangkan dengan pasir putih lembutnya yang menggoda. Seperti halnya dengan Wisata Kepulauan Seribu, tempat wisata Tanjung Lesung juga merupakan satu diantara 10 destinasi prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Selain bersih, alami dan pastinya asri, kemolekan alam Pantai Tanjung Lesung Banten juga didukung pemandangan Gunung Krakatau yang sudah dikenal seluruh dunia.

Kawasan Tanjung Lesung sendiri sangatlah luas, sekitar 1500 ha dengan garis pantainya yang panjang. Suasana alami benar-benar terasa dengan hutan yang menghijau serta alam pedesaan yang menenangkan. Bentangan air lautnya yang jernih bak kristal mengisyaratkan bahwa wisata Pantai Tanjung Lesung akan memanjakan siapapun dengan keindahan alam, luar dan dalam. Jadi, segeralah menjadi salah satu dari mereka yang berbahagia, mantabkan hati dan bersiaplah untuk pergi.

Aktivitas di Pantai Tanjung Lesung

Kawasan wisata Pantai Tanjung Lesung sangatlah luas dengan garis pesisir yang panjang, sehingga sangat memungkinkan setiap wisatawan mendapatkan pengalaman wisata yang kaya. Selain pantai, wisata Tanjung Lesung juga memungkinkan pengunjung menikmati suasana hutan yang hijau. Tidak hanya itu, nikmati juga alam pedesaan yang menenangkan yang telah lengkap dengan keunikan budaya masyarakatnya.

Di Pantai Tanjung Lesung sendiri, traveler akan dimanjakan dengan beragam aktivitas menarik. Bisa mencoba memulai dengan keseruan olahraga air, menaiki banana boat, kano atau jetski. Oleh karena air lautnya relatif tenang, semua aktivitas pantai bisa dilakukan dan juga sangat ideal untuk wisata keluarga. Bebaskanlah anak-anak bergembira, berenang, bermain pasir atau aktivitas apapun yang mereka suka.

Seperti yang dikatakan diatas, Pantai Tanjung Lesung adalah pantai yang cantik, luar dan dalam. Selain panorama alam yang menawan dengan banyaknya spot-spot untuk fotografi, dibalik kejernihan lautnya, tersimpan kerajaan bawah laut yang mempesona. Ini berarti, snorkeling dan diving adalah aktivitas sempurna. Masuki kedalaman laut dan saksikanlah eksotisnya taman laut melalui kombisasi warna-warni terumbu karang, ikan-ikan lucu, serta aneka biota laut lainnya.

Spot-spot snorkeling dan diving sangatlah banyak yang tersebar di sekitar perairan Tanjung Lesung. Bisa mencoba di Batu Pemecahan, Pulau Liwungan, di sekitaran Beach Club, atau jika ingin lebih jauh, bisa melebar hingga ke Taman Nasional Ujung Kulon. Suka berselancar? jelajahi bahari hingga sampai di Pulau Panitan. Pulau dengan luas 17.000 ha tersebut memiliki gelombang ombak yang bagus untuk berselancar ria. Di pulau ini juga banyak spot penyelaman.

Bagaimana dengan memancing? Wisata Tanjung Lesung adalah tempat sempurna untuk melakukannya. Coba dulu disekitar dermaga atau bisa juga menyewa perahu/boat dan berkeliling untuk mendapatkan spot memancing yang terbaik. Terlepas dari semua kegiatan diatas, jelajahilah pesisir pantai dan temukan spot terbaik untuk mengabadikan keberadaan. Setidaknya, bertahanlah hingga hari mulai senja dan nikmatilah kemolekan sunset di pantai ini.

Wisata Tanjung Lesung juga menawarkan wisata budaya. Di lokasi Tanjung Lesung, pengunjung bisa menonton atraksi budaya berupa tarian api. Jika durasi liburan Anda panjang, cobalah berkunjung ke Kampung Badui yang eksotik. Dengan jumlah penduduk sekitar 5000-8000 orang, Suku Baduy mengisolasi diri dari pengaruh kehidupan dunia luar, memegang teguh adat istiadat dan aturan nenek moyang mereka.

Selebihnya, tempat wisata Tanjung Lesung juga memungkinkan setiap pengunjungnya untuk menikmati lezatnya kuliner khas laut. Cobalah bergabung dalam seafood party, barbeque laut yang disuguhkan di restoran tepi pantai benar-benar menggugah selera. Selanjutnya, beruntunglah jika Anda bertemu pagi, selain matahari terbenam, keindahan matahari terbit disini juga tak kalah menakjubkan.

Fasilitas Wisata Tanjung Lesung

Sebagai bagian dari 10 destinasi wisata proritas di Indonesia serta sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan wisata Tanjung Lesung benar-benar diprioritaskan pembangunannya. Akses transportasi semakin mudah serta fasilitas akomodasinya sangat beragam. Banyak penginapan seperti hotel, cottage, villa, serta homestay di Tanjung Lesung. Harga penginapan Tanjung Lesung sangatlah bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang murah ada juga yang mewah.

Fasilitas lain termasuk beberapa restoran, sedangkan bagi yang menghendaki makanan ringan, bisa membeli terlebih dahulu di minimarket atau warung-warung kecil sebelum memasuki pintu masuk objek wisata ini. Di pantai ini juga tersedia, fasilitas watersport seperti jetski, banana boat, serta alat snorkeling dan diving. Ada juga persewaan perahu atau boat bagi yang ingin hopping island atau memancing.

Harga Tiket Masuk Tanjung Lesung : Tiket masuk Pantai Tanjung Lesung adalah Rp. 25.000 untuk hari biasa, dan Rp. 40.000 untuk hari libur. Adapun pengunjung resort dan balita bisa memasuki kawasan wisata ini dengan gratis.

Rute & Maps Wisata Tanjung Lesung

Lokasi Pantai Tanjung Lesung berada di Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk sampai disini, setiap pengunjung harus terlebih dahulu sampai di Serang. Bisa memilih melalui Anyer atau Pandeglang, hingga tiba di Labuan. Melanjutkan perjalanan melewati Pasar Panimbang hingga tiba di Tanjung Lesung.

Jika Anda datang dari Jakarta, rute Pantai Tanjung Lesung adalah sebagai berikut :

  1. Tol Jakarta Merak – Keluar dari pintu gerbang tol Serang Timur – Melanjutkan ke arah Pandeglang – Labuan – Sampai di Tanjung Lesung
  2. Tol Jakarta Merak – Keluar dari pintu gerbang Cilegon – Menyusuri pesisir Anyer – Labuan – Sampai di Tanjung Lesung

Dari Jakarta ke Pantai Tanjung Lesung membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan berkendara dengan jarak tempuh sekitar 180 kilometer. Berikut ini peta rute wisata Tanjung Lesung Banten :


Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.7 (3 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *