Yadnya Kasada Bromo 2019 – Segera! Eksotika Bromo dan Tradisi Kasodo

Yadnya Kasada Bromo 2019. Kasodo atau Yadya Kasada adalah upacara persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Ritual di Kawah Gunung Bromo ini bermula dari perjanjian dalam Legenda Rara Anteng dan Jaka Seger. Keduanya diyakini sebagai Leluhur Suku Tengger.

Upacara sesembahan ini jatuh pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama, sekitar tanggal 14 atau 15 bulan Kasodo (bulan kesepuluh penanggalan Jawa). Acaranya berpusat di Pura Luhur Poten dan dilanjutkan ke puncak Bromo (Kawah Bromo).

Kasada termasuk dalam Wonderful Events Indonesia 2019. Selain menjadi upacara paling spesial bagi Suku Tengger, Kasodo merupakan daya tarik Bromo yang mendunia. Banyak wisatawan yang turut memeriahkannya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Merujuk pada situs resmi Kementerian Pariwisata, di tahun 2019 event Kasodo Bromo akan berlangsung pada 13 Juli – 17 Juli 2019. Acara yang dikemas dalam Yadnya Kasada Bromo Eksotika ini mengusung konsep menyatukan seni, budaya dan daya tarik wisata alam.

Kemeriahan Eksotika Bromo yang didalamnya menampilkan beragam atraksi kebudayaan akan menjadi menu pembuka perayaan Yadnya Kasada 2019. Setting lokasinya berada di lautan pasir Gunung Bromo. Sementara puncaknya dilangsungkan di Pura Luhur Poten dan Kawah Bromo.

Bagi para traveler, menjadi bagian dari Perayaan Kasodo Bromo merupakan salah satu aktivitas wajib di Gunung Bromo. Jadi, tandai kalender wisata Anda. Jika memang ada rencana wisata ke Bromo pada tahun ini, pastikan datang di saat acara ini sedang digelar.

Datanglah dan nikmati sepenuhnya gegap gempita atraksi kebudayaan. Resapilah kearifan lokal dan religiusitas Suku Tengger, suku dengan budi pekerti luhur pada setiap aspek kehidupan. Sementara itu, kemolekan alam Bromo yang telah mendunia senantiasa tersaji memanjakan mata.

Untuk memperkaya informasi tentang Tradisi Kasodo beserta legenda Rara Anteng dan Jaka Seger yang menyertainya. Baca artikel Tradisi Kasodo Suku Tengger


Yadnya Kasada Bromo 2019

LokasiLautan Pasir Pendopo Agung Pura Puten Gunung Bromo
Tanggal Mulai13 Juli 2019
Tanggal Akhir18 Juli 2019
Akomodasi Lihat Daftar

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *